Michel Platini Kandidat Kuat Gantikan Blatter?

Sumber :
  • REUTERS/Arnd Wiegmann
VIVA.co.id
Chelsea Disanksi Pemerintah Inggris, ke Mana FIFA?
- Presiden UEFA, Michel Platini, dikabarkan menjadi kandidat kuat pengganti Sepp Blatter untuk menduduki kursi orang nomor satu di Federasi Sepakbola Dunia (FIFA). Mantan kapten tim nasional Prancis era 80an itu disebut telah mendapatkan banyak dukungan.

Standar Ganda FIFA, Kapten Timnas Rusia: Mereka Lupa

Seperti dilansir
Timnas Rusia Dihapus dari Game FIFA, Netizen: Israel Juga Dong!
BBC Sport , Platini mendapatkan sejumlah dukungan dari beberapa federasi di Asia, Karibia, Amerika Selatan, dan Amerika Utara. Pria yang menjabat sebagai Presiden UEFA sejak 2007 lalu itu memang dikenal sebagai sosok kritis terhadap kebijakan-kebijakan yang diambil oleh Blatter.


Keinginan anggota FIFA untuk menjadikan Platini sebagai pengganti Blatter cukup beralasan. Dengan integritas yang dimilikinya sebagai orang nomor satu UEFA dalam delapan tahun terakhir, setidaknya Platini bisa diharapkan mampu mengembalikan kepercayaan publik kepada FIFA yang semakin luntur seiring terkuaknya skandal korupsi pada Mei lalu.


Posisi FIFA sekarang ini ibarat sedang berada di ujung tanduk. Skandal korupsi yang melibatkan para petinggi otoritas tertinggi sepakbola dunia itu mendapat sorotan tajam, termasuk dari rekan sponsor mereka dalam beberapa tahun terakhir.


Komite eksekutif FIFA dijadwalkan menggelar rapat untuk menentukan jadwal pemilihan ulang yang akan digelar pada Senin 20 Juli 2015. Hal itu dilakukan menyusul pengunduran diri Blatter selang dua hari sejak terpilihnya dia menjadi Presiden FIFA untuk kelima kalinya.


Selain mencuatnya nama Platini, kandidat lain yang dianggap cocok untuk menggantikan Blatter ialah Prince Ali bin Hussein. Pria asal Jordania itu adalah lawan Blatter saat pemilihan Presiden FIFA pada Kongres Luar Biasa di Zurich, Swiss lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya