Tuan Rumah Piala Asia 2019, Dubai Siapkan Stadion Megah

Desain Dubai Sport City pada 2014
Sumber :
VIVA.co.id
25 April, Delegasi Indonesia Diundang ke FIFA
- Dubai mulai membuka kompetisi desain stadion berkapasitas 60.000 tempat duduk yang bakal dipersiapkan untuk Piala Asia 2019, seperti yang diungkapkan tiga sumber berbeda pada
Reuters.
Uni Emirat Arab Bentuk Kementerian Negara Urusan Kebahagiaan

Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) memberikan status tuan rumah turnamen paling besar se-Asia itu pada Maret lalu pada Uni Emirat Arab, yang sukses mengalahkan Iran.
Reformasi FIFA, Presiden AFC Ajukan Ide Pemisahan

Pertandingan kemungkinan akan digelar di Ibu Kota UEA, Abu Dhabi, Dubai, dan Al Ain. Dua stadion siap menjadi tuan rumah di setiap tiga kota besar tersebut, sesuai persyaratan AFC.

Menurut sumber Reuters, pihak Dubai Roads and Transport Authority (RTA) telah diberikan tanggung jawab untuk membangun stadion yang dibutuhkan oleh negeri di Timur Tengah tersebut.

Kabarnya, beberapa tawaran desain sudah diajukan ke RTA untuk stadion yang bakal berada di sekitar Dubai Sport City. Di dalam kompleks megah tersebut, sudah terbangun stadion kriket berkapasitas 25.000 tempat duduk yang kemungkinan besar ikut ditunjuk sebagai salah satu venue.

Sebelumnya, rencana untuk membangun stadion berkapasitas 60.000 tempat duduk sudah diwacanakan sejak 2007, namun gagal setelah masalah krisis ekonomi yang menimpa UEA pada 2009.

UEA masih memiliki beberapa stadion di kota Dubai. Setidaknya, ada dua yang bisa jadi opsi, yaitu Abu Dhabi Zayed Sport City yang berkapasitas 43.000 dan pernah jadi tuan rumah final Piala Asia 1996, juga ada Stadion Mohammed bin Zayed yang berkapasitas 42.000 kursi.

Menurut juru bicara AFC, keduanya bisa saja ditunjuk sebagai salah satu venue Piala Asia 2019, karena memenuhi persyaratan kapasitas untuk laga semifinal, final, atau laga pembuka yang harus digelar di stadion berkapasitas 40.000 tempat duduk.

Abu Dhabi hingga saat ini belum mengungkapkan rencana tersebut. UEA juga akan menggelar Piala Dunia Klub pada 2017 dan 2018. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya