Kualifikasi Piala Eropa 2016

Neuer Bicara soal Strategi Penuh Risiko Jerman

kalahkan argentina, jerman juara piala dunia
Sumber :
  • REUTERS/Kai Pfaffenbach
VIVA.co.id
Oezil Tak Berharap Jadi Kapten Jerman
- Strategi bermain yang diterapkan oleh timnas Jerman belakangan menjadi sorotan. Publik Jerman menilai gaya bermain timnas mereka bisa menghadirkan bencana.

Jerman Menang 10 Gol Tanpa Balas di Olimpiade Rio 2016

Sejak Piala Dunia 2014 Brasil, Jerman memainkan pola menyerang yang sangat berani. Pelatih Der Panzer, Joachim Loew, memasang garis pertahanan yang sangat tinggi.
Korsel Hampir Permalukan Jerman di Penyisihan Olimpiade


Dua bek tengah mereka kerap berdiri hampir di garis tengah lapangan. Kemudian, dua bek sayap mereka sering membantu para gelandang serta penyerang membantu pertahanan.


Risiko yang muncul dari startegi seperti ini adalah mudah ditembus saat serangan balik. Apalagi, jika lawan memiliki pemain yang punya kecepatan di atas rata-rata. Pertahanan Jerman bisa saja kedodoran dan gawang mereka berpeluang besar kebobolan.


Kiper timnas Jerman, Manuel Neuer, tak menampik hal ini. Dia memang mengakui strategi yang diterapkan Loew penuh risiko.


"Memang sulit ketika kehilangan penguasaan bola dan harus berlari hingga 70 meter ke belakang. Tapi, bukan berarti kami mengambil risiko yang kecil saat menyerang. Justru, dengan cara ini kami harus cermat dan teliti dalam bertahan," kata Neuer seperti dilansir
Daily Record
.


Kiper milik Bayern Munich tersebut menilai sebenarnya ada keuntungan yang dimiliki Jerman dengan menerapkan startegi berani tersebut. Saat kehilangan bola di lini tengah, pemain belakang bisa dengan cepat merebutnya kembali andai lawan melepaskan umpan terobosan yang menusuk ke pertahanan Jerman.


"Sangat baik hingga kehilangan penguasaan. Jadi, sudah banyak orang yang berdiri di belakang bola. Selain itu, kami bisa menambah daya gedor dengan mendorong pemain belakang sampai wilayah lawan," ujar Neuer.


"Menciptakan peluang di sepertiga lapangan begitu penting. Dan full-back bisa memecah konsentrasi lawan dengan melepas umpan silang berbahaya ke dalam kotak penalti," lanjutnya.


Strategi penuh risiko Jerman kemungkinan besar tetap diterapkan saat mereka melakoni laga lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2016 Grup D, melawan Skotlandia di Hampden Park, Senin 7 September 2015 atau Selasa dini hari WIB. Loew mengaku tak mau bereksperimen di duel nanti demi bisa meraih kemenangan dan memastikan diri lolos ke Prancis. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya