Wales Lolos Piala Eropa 2016, Ini Sosok yang Dikenang

Gary Speed
Sumber :
  • Telegraph.co.uk
VIVA.co.id
Draxler Terancam Tak Ikut ke Piala Eropa 2016
- Wales mengukir sejarah. Untuk pertama kalinya mereka melaju ke babak utama Piala Eropa 2016. Hal itu mereka dapatkan usai melakoni laga kualifikasi Grup B melawan tuan rumah Bosnia dan Herzegovina, Minggu dini hari, 11 Oktober 2015.

Timnas Prancis Tanpa Benzema di Piala Eropa 2016
Gareth Bale cs sebenarnya tumbang 0-2 pada laga tersebut. Namun, hasil laga Grup B lainnya, antara Israel dan Siprus yang berakhir 2-1 untuk kemenangan tim tamu, memastikan Wales tak mungkin tergusur dari minimal peringkat 2 klasemen.

Cedera, Kiper Timnas Italia Batal Ikut ke Piala Eropa 2016
The Dragons tak cuma mencetak sejarah akan tampil pertama kalinya di ajang empat tahunan tersebut. Mereka juga untuk pertama kali setelah 57 tahun, berparitisipasi di turnamen mayor. Terakhir kali mereka terlibat adalah pada Piala Dunia 1958 di Swedia.

Bale, pelatih Chris Coleman, dan para penggawa Wales lainnya bersuka cita menyambut hal tersebut. Ada sosok yang dikenang usai The Dragons dipastikan lolos, baik oleh warga Wales, maupun Inggris Raya. Dia adalah almarhum Gary Speed.

Speed merupakan mantan pelatih Wales yang bunuh diri pada 2011, dalam usia 42 tahun. Mantan pemain yang pernah membela Leeds United, Everton, Newcastle United, dan Sheffield United itu terlibat cekcok dengan istri sehari sebelum kejadian.

Dilansir Telegraph, momen emosional terkait Speed hadir usai Wales memastikan diri lolos. Dan, salah satunya ditunjukkan mantan pesepakbola Inggris dan Manchester United, David Beckham yang mengunggah foto Speed di media sosial.

"Pria ini akan sangat bangga malam ini... Selamat kepada Chris Colman, semua pemain dan semua yang terlibat dalam sepakbola Wales," tulis Beckham pada akun Instgramnya, @davidbeckham.

Mantan pesepakbola asal Wales, Robbie Savage pun melakukan hal serupa. "Dia tersenyum (melihat) bangsa kami. Hebat, Wales!" tulis mantan pemain Leicester City dan Derby County tersebut pada akun Twitternya, @RobbieSavage8.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya