Lima Fakta Menarik Laga Arsenal vs Bayern Munich

Olivier Giroud
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?
- Gol Olivier Giroud pada babak kedua dalam laga Liga Champions melawan Bayern Munich, memberikan kemenangan yang dibutuhkan Arsenal di Emirates Stadium, walau Gunners kalah dalam hal penguasaan bola.

Gila, Ini Format Baru Liga Champions!

Dilansir dari
Rangkuman Momen-momen Penting Duel Liverpool Vs Villarreal
Mirror , Rabu, 21 Oktober 2015, striker internasional Prancis itu masuk dari bangku cadangan, untuk membangkitkan kembali asa timnya dalam kompetisi antar klub paling elit di Eropa.

Sundulannya cukup untuk memberikan Gunner tiga poin, setelah pertahanan Arsenal cukup kuat membuat juara Liga Champions musim lalu itu gagal mencetak gol.

Namun Mesut Ozil mempertegas kemenangan timnya, dengan mencetak gol kedua menjadikan skor akhir 2-0 untuk kubu Arsene Wenger di kandang. Berikut adalah lima hal yang dapat dipelajari dari pertandingan pada Rabu dini hari.

Protes Harga Tiket


Suporter Bayern Munich telah mengeluarkan ancaman boikot jauh sebelum pertandingan, atas mahalnya harga tiket di Inggris. Ada keraguan apakah mereka sungguh dapat menjalankan ancaman.


Hasilnya adalah bangku kosong selama lima menit pertama pertandingan berjalan. Mereka serius menjalankan ancaman boikot, hanya lima menit karena dimaksudkan untuk memberi gambaran.


Penuh disiplin, para suporter Munich memasuki Emirates Stadium setelah lima menit berlalu, memberi contoh bagaimana sepakbola akhirnya akan ditinggalkan banyak suporter, dengan mahalnya harga tiket.


Xabi Alonso Masih Luar Biasa


Xabi Alonso akan berusia 34 tahun pada November mendatang. Tapi bintang internasional Spanyol itu masih memperlihatkan performa apiknya, yang menjadi salah satu kunci dominasi penguasaan bola Bayern atas Arsenal yang mencapai 70 persen.


Suporter Liverpool yang menyaksikan Alonso dalam pertandingan itu, diyakini akan mengagumi Alonso sambil mengutuk Rafael Benitez, yang menjualnya ke Real Madrid saat masih menangani Anfield.


Alonso kemudian dilepas ke Bayern Munich, setelah Benitez menjadi manager Real Madrid, seolah memperlihatkan ketidaksukaan Benitez pada gelandang yang mampu mendikte permainan lawan itu.


Posisi, pergerakan dan operan-operan mematikan, dilakukan Alonso bagi rekan setimnya saat laga melawan Arsenal, memperlihatkan dirinya masih layak menjadi salah satu pengatur serangan terbaik di sepakbola modern.


Talenta Manuel Neuer


Gawang Manuer Neuer memang kebobolan dua gol. Tapi tanpa kehadiran kiper terbaik Jerman, itu dan penyelamatan apik yang dilakukannya, Munich mungkin bisa kebobolan lebih banyak.


Theo Walcott mendapat peluang terbaiknya pada babak pertama, yang kemudian menjadi salah satu penyelamatan terbaik Neuer, dengan sukses menepis sundulan striker Arsenal itu.


Neuer dianggap sebagai kiper terbaik untuk ditonton, lantaran aksi-aksi penyelamatannya yang kerap tak terduga, kecerdasannya dalam membuat keputusan untuk keluar dari kotak penalti, memainkan peran sebagai sweeper.


Aksi-aksinya memang beresiko, tapi banyak pihak menilai semua itu justru membuatnya tidak terlihat membosankan.


Kutukan Cedera Arsenal


Aaron Ramsey telah memperlihatkan peningkatan performa, dalam beberapa pertandingan terakhir, setelah terlihat mengendur dalam sejumlah pertandingan di awal musim.


Tapi Arsene Wenger dan suporter Arsenal, kembali harus menyaksikan pemain mereka cedera, seolah menegaskan kutukan yang mendera Arsenal selama ini, tentang cedera yang selalu dialami para pemain Gunners setelah tampil baik.


Giroud Bisa Jadi 'Super Sub'


Olivier Giroud jelas tidak menginginkan julukan itu, dan berharap bisa bermain reguler setiap pekan. Namun peran super sub yang diberikan Wenger, sepertinya berdampak bagus bagi Arsenal sejauh ini.


Setelah mendapat banyak cemooh dari suporter, karena dianggap tumpul di depan gawang lawan, bintang timnas Prancis itu justru telah mencetak sejumlah gol saat bermain dari bangku cadangan.


Giroud mencetak skor di Premier League melawan Watford, pada Sabtu, 17 Oktober, dan melakukannya lagi Rabu dini hari, yang membuka kemenangan Arsenal atas Bayern Munich di Liga Champions.


Theo Walcott bermain baik terutama pada babak pertama, dengan beberapa kali merepotkan barisan pertahanan Munich. Strategi membuat lelah pertahanan lawan dengan Walcott, sepertinya sukses diterapkan Wenger.


Manajer Prancis itu kemudian memasukkan Giroud pada menit terakhir dan mencetak gol. Peran 'super sub', sepertinya akan menjadi skenario paling memungkinkan bagi Giroud musim ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya