11 Bintang Top yang Gagal Tampil di Piala Eropa 2016

Striker Belanda, Robin van Persie di laga melawan Turki
Sumber :
  • REUTERS/Umit Bektas

VIVA.co.id - Piala Eropa, senantiasa menjadi panggung bagi negara-negara besar. Bintang-bintang top Eropa, bisa membuktikan kualitas mereka di sini.

Sayang, tidak semua pemain top bisa merasakan persaingan sengit di Piala Eropa. Berikut, 11 bintang Eropa, yang gagal tampil di Prancis tahun depan, seperti dilansir Fox Sports:

1. Samir Handanovic (Slovenia)

Draxler Terancam Tak Ikut ke Piala Eropa 2016

Tak tergantikan di bawah mistar gawang Inter Milan sejak 2012, Samir Handanovic sebenarnya sangat layak tampil di Piala Eropa. Handa juga selalu diandalkan Slovenia di babak Kualifikasi Piala Eropa 2016. Sayang, Slovenia gagal tampil di Prancis, usai disingkirkan Ukraina dengan agregat 1-3 di partai playoff.

Timnas Prancis Tanpa Benzema di Piala Eropa 2016


2. Branislav Ivanovic (Serbia)

Hasil buruk Ivanovic bersama Chelsea, juga ternyata ikut terbawa ke Timnas Serbia. Serbia hanya mampu menang dua kali di babak kualifikasi Grup I, dan harus puas menempati di posisi dua terbawah grup. Kebobolan delapan gol dari delapan laga adalah bukti rapuhnya pertahanan Serbia dan buruknya penampilan Ivanovic.

Cedera, Kiper Timnas Italia Batal Ikut ke Piala Eropa 2016


3. Daley Blind (Belanda)

Blind selalu menjadi pilahan utama Belanda di babak kualifikasi. Sayang, bintang Manchester United ini gagal membawa Belanda lolos dari Grup A. Peringkat tiga Piala Dunia 2014 ini hanya mampu menempati posisi empat grup. Pertahanan Belanda pun sangat keropos dengan kebobolan 14 gol dari 10 pertandingan.



4. Aleksandar Kolarov (Serbia)

Kolarov menjadi pemain bintang lainnya yang harus absen di Piala Eropa tahun depan. Padahal bersama klubnya, pemain 30 tahun ini sukses membawa Manchester City memuncaki klasemen Premier League. Kolarov menyumbangkan gol saat Serbia menekuk Albania 2-0, 8 Oktober lalu. Sayang, sudah terlalu terlambat untuk membawa Serbia tampil di Prancis.


5. Nemanja Matic (Serbia)

Matic sangat kecewa dengan performa yang ditunjukkan Serbia di babak kualifikasi. Dia, bahkan mengancam pensiun dari sepakbola internasional di usianya yang baru menginjak 27 tahun. Gelandang Chelsea ini selalu tampil dalam delapan laga Serbia di babak kualifikasi.


6. Miralem Pjanic (Bosnia-Herzegovina)

Piala Eropa 2016, dipastikan tak diwarnai sihir dari Miralem Pjanic. Raja tendangan bebas Serie A ini gagal membawa Bosnia melewati hadangan Republik Irlandia di partai playoff. Bosnia kalah 1-3 dari Republik Irlandia secar agregat.



7. Christian Eriksen (Denmark)

Bintang berbakat Tottenham Hotspur ini tampil enam kali bersama Denmark di babak kualifikasi. Pemain 23 tahun ini gagal tampil maksimal, hanya menyumbangkan satu assist dan tidak mencetak gol. Denmark pun disingkirkan Swedia dengan agregat 3-4 di partai playoff.

Denmark s midfielder Christian Eriksen reacts as Sweden celebrate Zlatan Ibrahimovic’s go


8. Memphis Depay (Belanda)

Tahun ini sepertinya tak berlangsung bagus untuk Memphis Depay. Pemain 21 tahun ini, sebenarnya selalu tampil di reguler bersama Belanda di babak Kualifikasi Piala Eropa 2016, usai tampil mengesankan di Piala Dunia 2014. Sayang, Belanda gagal lolos ke Prancis. Dia pun tak bisa menunjukkan aksinya tahun depan di Piala Eropa.


9. Arjen Robben (Belanda)

Mungkin cerita akan berbeda jika Arjen Robben tak mengalami cedera. Winger Bayern Munich ini absen dalam empat dari delapan laga Belanda di babak kualifikasi akibat cedera. Belanda gagal menemukan pengganti Robben. Tanpa pemain 31 tahun ini, Die Oranje harus takluk dari Turki dan Republik Ceko. Mereka pun gagal berakis di Prancis tahun depan.



10. Robin van Persie (Belanda)

Meski sudah melewati masa keemasan, Van Persie merupakan salah satu pemain terhebat yang gagal tampil di Piala Eropa tahun depan. Mantan bintang Arsenal dan Manchester United ini mencetak tiga gol di babak kualifikasi. Sayang, Belanda hanya mampu finis di bawah Republik Ceko, Islandia, dan Turki.

Pemain Timnas Belanda, Robin van Persie



11. Edin Dzeko (Bosnia-Herzegovina)

Tujuh gol dicetak Dzeko dari tujuh laga Bosnia di babak kualifikasi. Pemain AS Roma ini juga menyumbangkan gol saat bersua Republik Irlandia di partai playoff. Sayang, semua itu belum mampu membawa negaranya tampil di Prancis tahun depan.

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya