Kenapa Liga Europa Sangat Penting Bagi Klub Premier League

Louis van Gaal.
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
Gila, Ini Format Baru Liga Champions!
- 3 klub Premier League berlaga di Liga Europa yaitu Manchester United, Liverpool dan Tottenham Hotspur. Berstatus sebagai kompetisi kasta kedua, banyak klub Inggris yang enggan memberi perhatian serius pada Liga Europa.

Rangkuman Momen-momen Penting Duel Liverpool Vs Villarreal

Namun, dilansir dari
Legenda Real Madrid Bela Ramos, Kasihani Karius
Metro pada Selasa, 15 Desember 2015, Premier League akan berharap pada ketiga klub, itu untuk mengubah pandangannya. Paling tidak musim ini, ketika status Premier League bakal dipertaruhkan di Eropa.


Jika MU, Liverpool dan Spurs bermain buruk di Liga Europa, maka sepakbola Inggris yang bakal turun kasta. Koefisien Premier League di UEFA turun, membuat Inggris kehilangan jatah di Liga Champions.


Musim ini, Inggris masih memperoleh 4 tiket ke Liga Champions. Namun, dengan meningkatnya performa klub-klub Italia, Serie A dapat segera naik peringkat dan menggusur Premier League.


Inggris juga punya tiga wakil, yang maju ke babak 16 besar Liga Champions. Namun, Arsenal akan bertemu Barcelona, sedangkan Chelsea bertemu Paris Saint-Germain. Kualitas klub-klub Inggris harus diakui, masih kalah dibandingkan Barcelona, Real Madrid dan Bayern Munich.


Arsenal sulit diharapkan lolos ke perempat final. PSG punya peluang besar mengeksploitasi Chelsea, yang sedang terpuruk di Premier League. Hanya ManCity, yang bisa diharapkan karena hanya bertemu dengan tim kecil.


Italia hanya punya dua wakil di Liga Champions, Juventus bertemu Bayern Munich dan AS Roma menghadapi Real Madrid. Merujuk hasil undian, itu kesempatan Italia juga kecil di Liga Champions. Harapan mereka juga terletak di Liga Europa.


Ada tiga wakil Italia di Liga Europa, yaitu Fiorentina, Lazio dan Napoli. Fiorentina bertemu dengan Tottenham Hotspur. Hasil pertandingan kedua klub itu akan langsung berdampak pada koefisien Serie A dan Premier League.


Lazio bertemu Galatasaray, kemudian Napoli melawan Villarreal, klub yang menjegal Real Madrid di La Liga, akhir pekan lalu. Berdasarkan hasil undian, klub Inggris tampak lebih diuntungkan, karena menghadapi tim-tim yang lebih kecil.


Namun, jika tidak serius, bukan tidak mungkin tim-tim kecil itu menjungkalkan wakil Inggris. Koefisien Inggris saat ini hanya tiga poin lebih banyak dari Italia. Kesalahan sedikit saja, akan membuat Italia memperoleh jatah tambahan di Liga Champions.


Tidak ada buruknya juga untuk memenangkan Liga Europa. Apalagi, kini para pemenang kompetisi kasta kedua Eropa itu akan langsung memperoleh tempat di Liga Champions pada musim berikutnya, tidak masalah ada pada posisi berapa mereka di liga domestik. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya