Legenda AC Milan Resmi Jadi Asisten Pelatih Timnas Ukraina

Pesepakbola legendaris Ukraina, Andriy Shevchenko
Sumber :
  • REUTERS/Alessandro Bianchi

VIVA.co.id - Mantan bintang sepakbola Ukraina, Andriy Shevchenko telah resmi bergabung staf pelatih tim nasional jelang perhelatan Piala Eropa 2016 menggantikan asisten pelatih Aleksandr Zavarov. Pengalaman dan nama besarnya pun diharapkan bisa menularkan aura positif dalam tim yang akan dikawalnya itu.

Timnas Prancis Tanpa Benzema di Piala Eropa 2016

Federasi Sepakbola Ukraina (FFU) memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak kerja asisten pelatih sebelumnya yakni Zavarov. Hal ini disampaikan pelatih kepala sementara tim nasional, Mykhaylo dalam jumpa pers perkenalan Shevchenko sebagai asisten pelatih yang baru.

"Kami membuat pilihan, dan kami mendukung Shevchenko untuk bisa bekerja dengan hal-hal yang fokus dalam pembinaan skuad Ukraina," kata Fomenko yang kutip oleh Sportskeeda.

Shevchenko didekati oleh FFU untuk mengambil alih peran sebagai pelatih kepala pada bulan November 2012, tetapi menolak tawaran itu karena dia tidak memiliki kualifikasi dan sertifikasi yang diperlukan. Namun, hal itu akan segera bisa diatasi Sheva setelah pada Maret 2015 lalu sukses menyelesaikan program kepelatihan UEFA Pro Licence dalam waktu dua tahun.

Cedera, Kiper Timnas Italia Batal Ikut ke Piala Eropa 2016

Menanggapi penunjukannya tersebut, mantan bintang Dynamo Kiev dan Chelsea serta AC Milan itu mengaku hal ini merupakan sebuah kehormatan dan tanggung jawab yang besar untuknya.

"Setelah hampir 4 tahun 'berlibur', aku datang kembali ke panggung besar sepakbola sebagai pelatih. Jabatan ini akan membantu saya untuk mengembangkan ide-ide dan menentukan visi tim saya dalam sepakbola. Saya pun berharap momen ini akan membantu saya di masa depan," ungkap mantan kapten Ukraina.

Shevchenko adalah rekor pencetak gol terbanyak Ukraina dengan 48 gol dalam 111 pertandingan dan memenangkan Ballon d'Or pada tahun 2004 di AC Milan. Ia pensiun setelah Piala Eropa 2012 saat Ukraina menjadi penyelenggara bersama Polandia.

Kebugaran Pemain Spanyol Jadi Sorotan
Pemain Timnas Jerman, Julian Draxler (kostum putih).

Draxler Terancam Tak Ikut ke Piala Eropa 2016

Bintang Wolfsburg ini mengalami cedera paha.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2016