FIFA Kembali Usut Skandal Penunjukan Tuan Rumah Piala Dunia

Franz Beckenbauer
Sumber :
  • REUTERS/Michaela Rehle/Files

VIVA.co.id - Komite Etik FIFA telah membuka penyelidikan atas proses penawaran (Bidding) untuk Piala Dunia 2006 di Jerman. Proses formal telah dibuka terhadap enam orang atas penunjukan Jerman sebagai tuan rumah turnamen sepakbola sejagad itu.

Standar Ganda FIFA, Kapten Timnas Rusia: Mereka Lupa

(Baca juga: FIFA Akui Penjualan Suara Saat Voting Tuan Rumah Piala Dunia)

Salah satu nama yang ikut diperiksa dan dimintai keterangan terhadap hal tersebut adalah legenda sepakbola Jerman yang memenangi Piala Dunia, Franz Beckenbauer. Mantan pemain yang berjuluk 'sang kaisar' ini sedang diselidiki lebih lanjut tentang kemungkinan adanya pembayaran yang tidak semestinya.

Menurut Sportsmole, para pejabat sepakbola Jerman, Wolfgang Niersbach, Helmut Sandrock, Theo Zwanziger, Horst Schmidt dan Stefan Hans juga sedang dalam pantauan intens Komite Pengawas FIFA.

"Dalam kasus Niersbach dan Sandrock, ruang investigasi akan menyelidiki kegagalan yang mungkin untuk melaporkan pelanggaran Kode Etik FIFA," demikian pernyataan yang dikeluarkan oleh Federasi Sepakbola Dunia.

"Dalam kasus Beckenbauer, Zwanziger, Schmidt dan Hans, langkah investigasi akan menyelidiki pembayaran yang mungkin tidak semestinya dan kontrak untuk memperoleh keuntungan dalam pemilihan tuan rumah Piala Dunia 2006 dan terkait pendanaannya," jelas keterangan tersebut lebih lanjut.

Investigasi akan dipimpin oleh, Dr Cornel Borbely untuk menggelarkan penyelidikan lebih lanjut. Sebelumnya, pada Rabu, 16 Maret 2016, mantan anggota FIFA, Chuck Blazer dan Jack Warner mengakui bahwa mereka telah menjual suara dalam voting penentuan tuan rumah Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

(mus)

Timnas Rusia Dihapus dari Game FIFA, Netizen: Israel Juga Dong!
Logo di markas FIFA

Chelsea Disanksi Pemerintah Inggris, ke Mana FIFA?

Penjualan Chelsea oleh Roman Abramovich tidak bisa terealisasi, karena pemerintah Inggris akan memblokir seluruh transaksi. Nah, ke mana FIFA di saat seperti ini?

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2022