Ronaldo Disebut Kalah Cerdas Dibanding Messi

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id - Membandingkan Cristiano Ronaldo dengan Lionel Messi memang tiada habisnya. Dari sisi mana pun, kedua pemain terbaik di dunia itu selalu menarik untuk dibahas.

Mantan gelandang Barcelona yang kini bermain di Liga Qatar, Xavi Hernandez ternyata juga memiliki penilaian. Menurutnya, dari sisi kecerdasan, Messi lebih unggul ketimbang Ronaldo.

"Ronaldo adalah pencetak gol, dan Messi juga pencetak gol. Namun, Messi adalah pemain tim yang jauh lebih baik dari Ronaldo," ujar Xavi seperti dilansir The Sun.

(Baca juga: Lagi, Messi Tolak Dibandingkan dengan Ronaldo)

"Dalam sepakbola ada dua unsur penting. Kebugaran dan kecerdasan. Messi memiliki kebugaran serta kecerdasan lebih baik, sehingga saya menempatkan dia sebagai pemain terbaik," katanya.

Persaingan antara Ronaldo dan Messi tidak hanya ada dalam tataran klub. Terakhir, secara individual keduanya bersaing memerebutkan gelar Ballon D'Or. Messi terpilih menjadi pemain terbaik, dan Ronaldo berada di peringkat kedua.

Messi sendiri sudah bosan dengan banyaknya orang yang membandingkan dia dengan Ronaldo. Pemain berjuluk La Pulga itu merasa selama ini hanya fokus bermain baik demi kemajuan tim.

"Saya tidak ingin membandingkan diri saya dengan Ronaldo atau siapa pun. Saya hanya mencoba berpikir diri saya, rekan-rekan saya, dan memenangkan pertandingan," tegas Messi dilansir ESPN. (ms)

Ronaldo Pecahkan Rekor Gol Sundulan
Nominasi pemain terbaik 2019

10 Nominasi Pemain Terbaik FIFA, Messi dan Ronaldo Punya Pesaing Berat

Ronaldo dan Messi dapat pesaing dari pemain Liverpool Virgil Van Dijk.

img_title
VIVA.co.id
2 Agustus 2019