Kiper Gaek Spanyol Isyaratkan Pensiun Usai Cetak Rekor

Kiper timnas Spanyol, Iker Casillas.
Sumber :
  • Reuters / Matthew Childs

VIVA.co.id – Kiper timnas Spanyol, Iker Casillas, angkat bicara soal rencana pensiunnya. Casillas menilai masa kejayaannya mulai habis dan sudah berniat untuk pensiun.

Cap Separatis Terhadap Pique oleh Publik Spanyol Berlanjut

Casillas memang mengalami masa sulit dalam dua musim belakangan. Di musim terakhirnya bersama Real Madrid, dia kerap mendapat cacian dari fans karena penampilannya yang inkonsisten.

Segala bentuk cacian juga diterima Casillas kala membela timnas Spanyol. Dalam beberapa laga uji coba, San Iker sering diledek oleh para pendukung La Furia Roja.

Pique Dihujani Kritik, Pelatih Timnas Spanyol Buka Suara

"Musim ini saya hidup dalam memori yang bagus dan buruk. Tapi, saya tetap fokus pada yang bagus saja. Waktu pensiun saya sudah semakin dekat. Jelas sekali, perjalanan waktu telah membuat setiap orang lemah dan saya tak menyangkalnya," kata Casillas lewat Periscope, seperti dilansir dari Soccerway.

Pernyataan rencana pensiun dilontarkan Casillas usai mencetak berbagai rekor di Eropa setelah tampil dalam duel kontra Rumania. Kiper milik FC Porto tersebut kini sudah mencetak 166 penampilan di pentas Eropa.

Bintang Madrid Jadi Tumbal Kemenangan Spanyol 

Ini adalah rekor caps terbanyak yang dipegang pemain benua biru setelah sebelumnya dipegang oleh gelandang Latvia, Vitalijs Astafjevs.

Selain itu, masih ada rekor lain. Mungkin ini yang paling membanggakan. Casillas menorehkan 101 clean sheet dalam 166 pertandingannya bersama timnas Spanyol. Artinya, sebesar 61 persen laga dilalui tanpa kebobolan dan menjadi rekor dunia.

Rekor lainnya adalah Casillas tak kebobolan dalam 8 pertandingan terakhir, atau 710 menit, bersama timnas Spanyol. Dia cuma kalah dari rekornya sendiri, 814 menit tak kebobolan.

Yang menarik, dua catatan terbaik lain juga dipegang kiper 34 tahun tersebut, 708 menit dan 685 menit clean sheets. Baru setelahnya masuk nama Andoni Zubizarreta yang menorehkan 645 menit.

“Saya merasa senang sudah mencetak rekor penampilan di Eropa. Saya tak tahu apakah tahun ini menjadi yang terakhir bagi saya bersama Spanyol atau tidak. Kini, saya hanya menikmati hari demi hari dan yakin akan potensi pemain muda di timnas,” ujar Casillas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya