Pelatih Ini Sesumbar Layak Arsiteki Timnas Spanyol

Joaquin Caparros, siap menggantikan Vicente del Bosque
Sumber :
  • twitter.com/JoaquinCaparros

VIVA.co.id – Kosongnya kursi kepelatihan Timnas Spanyol, tentu menjadi rebutan pelatih-pelatih top. Apalagi, jelang Piala Dunia 2018.

Del Bosque Soroti Kegagalan Klub-klub Spanyol di Eropa

Seperti diketahui, Vicente del Bosque mengundurkan diri sebagai juru taktik La Furia Roja usai gagal memenuhi target juara di Piala Eropa 2016. Spanyol disingkirkan oleh Italia di babak 16 besar dengan skor 2-0.

Kini, ada satu orang pelatih yang mengklaim siap menggantikan Del Bosque, bila Federasi Sepakbola Spanyol, RFEF, menunjuknya untuk melatih Sergio Ramos cs. Dia adalah Joaquin Caparros.

Kebencian Eks Pelatih Timnas Spanyol pada Presiden Madrid

Caparros yakin dengan segudang pengalaman yang dimilikinya, layak untuk melatih timnas Spanyol berikutnya. "Saya sanggup. Saya hampir memainkan 500 pertandingan di La Liga, dan saya dapat dibanggakan setelah melatih di semua kategori sepakbola di Spanyol," kata Caparros, dikutip FourFourTwo.

"Setiap pelatih di sepakbola kami memenuhi syarat berkat pelatihan yang didapat. Kemudian rasa lapar gelar akan tumbuh, begitu pun terus belajar dan berinovasi. Definisi Tim Nasional tidak dapat diubah, kami pemenang secara global. Sukses adalah tentang bagaimana membuat pemain jadi berkualitas," ujarnya.

Del Bosque Tolak Gaji Rp142 M dari China

Lebih jauh, Caparros memuji kinerja Del Bosque selama menukangi Spanyol, dengan berbagai gelar bergengsi yang diraihnya. "Tidak ada yang lebih baik dari Spanyol. Sepakbola terbaik datang dari kami, Jerman, dan Kroasia," ujar Caparros.

"Tapi, Spanyol membuat kesalahan yang mahal. Kami melihat fisik dan pemain, tidak semua berbakat dan mampu membuat senang. Tidak seperti Cristiano Ronaldo, Antoine Griezmann, Gareth Bale dan Toni Kroos," tuturnya.

Selama menekuni dunia kepelatihan sejak 1981, pria bernama lengkap Joaquin Jesus Caparros ini telah melatih 18 klub, seperti San Jose Obrero, Campillo, Motilla, Castille-La Mancha, Gimnastico Alcazar, Conquense, Manzanares, Moralo, Recreativo, Andalusia, Villarreal, Sevilla, Deportivo La Coruna, Athletic Bilbao, Neuchatel Xamax, Real Mallorca, Levante, dan terakhir Granada. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya