Pelatih Anyar Timnas Inggris Grogi Hadapi Laga Debut

Mantan manajer timnas Inggris, Sam Allardyce.
Sumber :
  • Reuters / Lee Smith

VIVA.co.id – Pelatih Timnas Inggris, Sam Allardyce, mengakui dirinya gugup jelang laga debutnya menukangi The Three Lions. Pelatih 61 tahun ini merupakan pelatih anyar Inggris, setelah didapuk menggantikan Roy Hodgson usai Piala Dunia 2016 lalu.

Ditambah Hungaria dan Slovakia, 11 Tim Pastikan Tiket EURO 2024

Allardyce akan memimpin Wayne Rooney cs dalam laga perdana Grup F kualifikasi Piala Dunia 2018 kontra Slovakia. 

Pengalaman melatih tim nasional merupakan yang perdana bagi Allardyce. Sebelumnya, Allardyce merupakan pelatih yang cukup dikenal di Inggris. Meskipun, tak ada pencapaian prestisius yang pernah dicapai Allardyce sepanjang kariernya.

Hasil Pertandingan Kualifikasi EURO 2024

Penunjukkan Allardyce sebagai pelatih Timnas Inggris juga banyak menimbulkan reaksi negatif. Dengan prestasi minor, Allardyce dianggap tak layak menukangi tim sebesar Inggris.

Jelang laga perdananya menukangi Inggris, Allardyce mengaku sangat gugup. Kegelisahan eks manajer West Ham United dan Sunderland terkait apakah para pasukannya bisa menjalankan instruksinya di atas lapangan nanti.

Ditekuk Slovakia, Timnas Indonesia U-20 Mampu Tunjukkan Peningkatan

"Saya pikir ini membuat saya sangat gugup. Anda gugup, Anda berharap pemain Anda bisa melakukan apa yang Anda katakan. Anda berharap saat mereka melangkah ke lapangan mereka memberikan apa yang kami inginkan, tentunya sebuah kemenangan," kata Allardyce dikutip Soccerway.

"Saya sangat gugup di awal saat membangun tim ini jelang pertandingan. Tapi, begitu pertandingan dimulai saya akan menguranginya dan fokus pada pertandingan. Saya akan lihat apa yang dilakukan tim ini, apa yang harus saya lakukan atau saya harus komunikasikan untuk membuat perbedaan," ujarnya.

Selama kariernya, Allardyce pernah menangani beberapa klub Liga Inggris yakni, Bolton Wanderers, Newcastle United, Blackburn Rovers, West Ham, dan Sunderland.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya