Mengenal Nice, Klub Anyar Bagi Balotelli yang Penuh Kejutan

Penyerang Nice, Mario Balotelli
Sumber :
  • Twitter/@ogcnice

VIVA.co.id – Keputusan mengejutkan dibuat Mario Balotelli di detik-detik akhir bursa transfer. Super Mario memilih bergabung dengan klub yang kurang terkenal di Ligue 1 Prancis, OGC Nice.

Pengakuan Balotelli: Saya Bisa seperti Ronaldo dan Messi, Tapi...

Balotelli bergabung dengan Nice setelah dipastikan tak terpakai di Liverpool. Pemain 26 tahun ini bergabung dengan status bebas transfer, dan diikat dengan kontrak satu tahun.

Banyak yang mempertanyakan keputusan Balotelli ini. Ini bisa dibilang sebagai keputusan yang terburu-buru. Sebab, Nice jelas masih kalah kelas dengan Paris Saint-Germain, Olympique Lyon, ataupun AS Monaco di Prancis.

Mario Balotelli akan Hijrah ke Juventus?

Karena tergolong klub kecil, pecinta sepakbola banyak yang tidak tahu soal Nice. Klub ini didirikan 112 tahun lalu, tepatnya pada 9 Juli 1904 dengan nama Gymnaste Club 'Azur. Pada awalnya, mereka fokus pada olahraga senam dan atletik.

Pada 1920, Nice mengikuti liga yang diadakan Federasi Sepakbola Prancis (FFF), bersaing ketat dengan Cannes dan Olympique Marseille. Pada 22 September 1924, klub ini berganti nama menjadi Olympique Gymnaste Club de Nice, yang kini dikenal OGC Nice.

Mancini Ungkap Alasan Panggil Kembali Balotelli ke Timnas Italia

Dalam perkembangannya, Nice sebenarnya sempat disegani dengan raihan 4 gelar Ligue 1 dan 3 Coupe de France. Mereka juga sempat menghasilkan pemain-pemain berbakat, dari mulai Just Fontaine, David Ospina, Patrice Evra, Hatem Ben Arfa, Hugo Lloris, dan Loic Remy.

Namun, Nice jarang terdengar karena sering naik-turun divisi dan berkutat di papan bawah atau papan tengah Ligue 1. Pada 2006, nama mereka mulai terdengar, saat menembus final Coupe de Ligue, sebelum dikalahkan Nancy 1-2.

Musim 2015-16 lalu, Nice tampil mengejutkan dengan finis di posisi 4 Ligue 1. Ini membuat Les Aiglons berhak tampil di Liga Eropa musim ini.

Di Liga Europa, Nice tergabung di Grup I. Tim besutan Lucien Favre bersaing dengan Schalke 04 (Jerman), Red Bull Salzburg (Austria), dan FC Krasnodar (Rusia).

Start manis dibuat Nice di Ligue 1 musim ini. Mereka meraih 2 kemenangan dan sekali imbang dalam 3 pertandingan. Dengan torehan 7 poin, Nice menempati posisi 3 klasemen sementara, lebih baik dari juara bertahan PSG, yang ada di posisi 5.

Menarik disimak, apakah Balotelli bisa menambah kejutan Nice. Dia akan melakoni debut, saat Nice menjamu Olympique Marseille di Allianz Riviera, Minggu 11 September 2016 (Senin dini hari WIB).

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya