FIFA Jatuhkan Sanksi kepada Federasi Sepakbola Spanyol

Logo FIFA di kantor pusatnya di Zurich, Swiss
Sumber :
  • REUTERS/Arnd Wiegmann

VIVA.co.id – FIFA telah menjatuhkan sanksi kepada Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) terkait pelanggaran peraturan tentang transfer pemain muda. Keputusan tersebut diambil oleh Komite Disiplin FIFA setelah menggelar penyelidikan mengenai pemain usia di bawah 18 tahun yang mewakili Atletico Madrid dan Real Madrid. 

Meski Disanksi FIFA, Pembangunan Pusat Latihan Timnas di IKN Tetap Berjalan

Dilansir Eurosports, RFEF dijatuhi hukuman denda sebesar £ 181.000. Selain itu FIFA juga memberikan peringatan serta teguran dengan batas waktu tambahan enam bulan untuk mengatur sistem regulasi pembinanan usia dininya.

Sebelumnya, Real Madrid dan Atletico Madrid dilarang mendaftarkan pemain dalam dua jendela transfer akibat pelanggaran aturan batas usia pemain. Selain itu usaha banding kedua klub tersebut juga telah ditolak bulan lalu. El Real dan Atletico pun telah mengumumkan bahwa mereka akan membawa kasus tersebut ke Pengadilan Arbitrase Olahraga.

Pengamat Apresiasi Perjuangan Ketum PSSI Selamatkan Indonesia dari Sanksi Berat FIFA

Dalam pernyataaanya, FIFA menyebutkan butir-butir dari keputusannya. "RFEF ditemukan telah melanggar beberapa ketentuan mengenai transfer internasional dan pendaftaran awal pemain usia muda."

"Dalam hal ini, RFEF dikenakan sanksi dengan denda 220.000 Swiss Franc (£ 181.000) dan diberikan batas waktu tambahan 6 bulan dalam rangka untuk mengatur kerangka peraturan yang relevan dan sistem yang ada mengenai transfer internasional anak di bawah umur dalam sepakbola dalam negeri."

Bebas dari Sanksi Berat FIFA, Timnas Indonesia U-22 Potong Tumpeng

"Selain itu, RFEF itu dikeluarkan dengan peringatan dan teguran sesuai dengan artikel 13 dan 14 dari kode disiplin FIFA."

(ren)

Logo di markas FIFA

Thailand Terancam Sanksi FIFA

Sepakbola Thailand terancam sanksi FIFA karena Presiden Sepakbola Thailand, Somyot Pumpanmuang didesak mundur. Ancaman sanksi karena ada intervensi bisa saja diterima.

img_title
VIVA.co.id
1 Juli 2023