Vietnam Kalah Telak, Thailand ke Semifinal SEA Games 2017

Pemain Timnas Thailand U-21 menjalani latihan
Sumber :
  • Bangkok Post

VIVA.co.id – Tim nasional Vietnam kalah telak dari Thailand dalam lanjutan Grup B SEA Games 2017 Kuala Lumpur. Bermain di Stadion Majlis Perbandaran Selayang (MPS), Kamis 24 Agustus 2017, tim berjuluk Gajah Perang itu unggul 3-0.

Media Asing Sebut Penampilan Timnas Vietnam Jauh di Bawah Indonesia: Sangat Kontras

Kekalahan ini membuat skuat asuhan Nguyen Huu Thang gagal ke semifinal SEA Games 2017. Padahal, mereka adalah salah satu kandidat kuat juara ajang olahraga bergengsi di Asia Tenggara kali ini.

Thailand membuka keunggulan pada menit 45+3 melalui Phittiwat Sookjitthummakul. Tendangan bebas dari dalam kotak penalti karena kesalahan kiper Vietnam, Phi Minh Long, manangkap bola backpass harus dibayar mahal.

M Tahir Mendunia! Sampai Diangkat Media Vietnam, tapi Netizen Salfok ke Rizky Ridho

Skor 1-0 untuk keunggulan Thailand bertahan hingga babak pertama selesai. Memulai babak kedua, Vietnam coba menambah daya gedor dengan menaikkan tempo permainan.

Akan tetapi, gawang mereka justru jebol melalui skema serangan balik pada menit 52. Kesalahan Minh Long dalam mengantisipasi serangan berbuah gol bagi Gajah Perang yang dicetak Phicha Autra.

Pelatih Korea Selatan Kritik Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Puji-puji Park Hang-seo

Vietnam memiliki peluang memperkecil ketertinggalan pada menit 65. Hukuman penalti diberikan kepada Vietnam akibat tekel keras di dalam kotak 16 besar.

Striker andalan The Golden Stars, Nguyen Cong Phuong, yang dipercaya sebagai eksekutor gagal menuntaskan tugas. Tendangannya melambung jauh di atas mistar gawang Thailand yang dijaga Nont Muangngam.

Kapten Thailand, Chenrop Samphaodi, menambah keunggulan menjadi 3-0 pada menit 68. Serangan balik skuat asuhan Worrawoot Srimaka ini benar-benar menjadi momok menakutkan bagi Vietnam.

Kekalahan ini membuat Vietnam harus puas mengakhiri Grup B di peringkat 3. Mereka mengumpulkan 10 poin hasil dari lima pertandingan.

Sedangkan Thailand berada di posisi puncak dengan 13 poin. Mereka bersama Timnas Indonesia U-22 menjadi wakil Grup B ke semifinal.

Di babak semifinal nanti, Thailand akan berhadapan dengan Myanmar sebagai runner up Grup A. Sedangkan Timnas U-22 menantang Malaysia sebagai juara Grup A.

Susunan Pemain
Vietnam:
Phi Minh Long; Vu Van Khanh, Bui Tien Dung, Hoang Van Khanh, Doan Van Hau, Nguyen Van Toan, Nguyen Tuan Anh, Luong Xuan Truong, Nguyen Phong Hong Duy, Nguyen Cong Phuong, Ho Tuan Tai.

Thailand: Nont Muangngam; Woorawut Namvech, Sasalak Haiprakhon, Suriya Singmui, Phittiwat Sookjitthummakul, Rattanakorn Maikami, Nopphon Phonkam, Saringkan Peomsupa, Phicha Autra, Chenrop Samphaodi, Worachit Kanitsribampen (Nattawut Sombatyotha 77').
(one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya