Italia Bisa Segrup dengan Spanyol dan Jerman di Piala Dunia

Selebrasi gol para pemain Jerman.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Potensi terjadinya grup neraka sangat besar terjadi di Piala Dunia 2018 Rusia. Hal ini menyusul diperkenalkannya sistem baru dalam pengundian oleh FIFA.

Momen STY Dilempar Telur Kembali Viral Jelang Indonesia vs Korsel, Warganet: Buktikan Coach

Keputusan sistem baru diperkenalkan oleh Komite Organisasi untuk Kompetisi FIFA di Zurich, Kamis 14 September 2017. Ada sedikit perbedaan dalam penentuan pot undian yang akan dihelat di Moskow, 1 Desember 2017.

Sebelumnya, pot 1 diisi oleh tuan rumah dan 7 peringkat FIFA terbaik. Tiga pot sisa dibagi berdasarkan lokasi geografis.

Akhir Kisah Raphael Varane dengan Timnas Prancis, Mimpi Jadi Kenyataan

Perbedaan terjadi dalam sistem pengundian kali ini. Empat pot dibagi hanya melihat rangking FIFA, tanpa mempertimbangkan kondisi geografis.

Seperti dilansir The Sun, hal ini sangat memungkinkan terjadinya grup neraka. Tiga mantan juara dunia berpotensi berada dalam grup yang sama.

Raphael Varane Pensiun dari Timnas Prancis

Jika melihat rangking FIFA saat ini, juara bertahan Jerman berada di pot 1. Sementara itu, juara dunia 2010, Spanyol ada di pot 2. Sedangkan Italia menempati pot 3. Itu artinya, Jerman, Italia, dan Spanyol bisa berada di grup yang sama.

Juara Piala Dunia 2002, Prancis juga ada di pot 2. Itu berarti mereka bisa menghadapi tim tangguh seperti Argentina atau Brasil.

Rangking FIFA masih bisa berubah jelang pengundian. Namun, potensi terjadinya grup neraka sangat besar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya