Pensiun Desember 2017, Ini 6 Fakta Menarik Andrea Pirlo

Andrea Pirlo
Sumber :
  • REUTERS/Dominic Ebenbichler

VIVA.co.id – Andrea Pirlo, gelandang New York City FC memutuskan akan gantung sepatu pada akhir tahun nanti. Mantan pemain Juventus akan pensiun usai kontraknya bersama New York City FC berakhir Desember 2017 nanti. 

5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?

Pirlo mengaku bahwa fisik menjadi alasan dia memilih untuk pensiun. Seperti yang diketahui, saat ini pemain asal Italia tersebut memasuki umur 38 tahun. 

Pirlo memulai karier profesionalnya sejak 1995. Ia telah mengoleksi berbagai gelar bergengsi hingga trofi Piala Dunia yang diraihnya pada 2006. 

Prediksi Serie A: Cagliari vs Juventus

Pirlo memiliki 116 caps bersama timnas Italia dan telah mencetak 13 gol. Pirlo mengoleksi gelar Serie A sebanyak enam kali, dua bersama AC Milan dan empat dengan Juventus. 

6 Fakta menarik Andrea Pirlo dikutip dari Marca:

Juventus Gantung Nasib 2 Pemain

1. Selama berkarier di Italia, Pirlo telah membela lima klub. Mereka adalah, Regina (1999-2000), Brescia (1995-1998), Inter Milan (1998-2001), AC Milan(2001-2011) dan Juventus (2011-2015). 

2. Pernah dirayu oleh Pep Guardiola untuk bergabung dengan Barcelona. "Kami membutuhkanmu, Pirlo. Kami mencari gelandang untuk melapisi Xavi Hernandes, Andre Iniesta dan Sergio Busquets. Kamu memiliki segalanya untuk bermain di Barcelona," kata Guardiola ketika masih menjadi pelatih Barcelona. 

3. Raja tendangan bebas di Serie A. Bersama dengan Sinisa Mihajlovic, Pirlo telah mencetak gol terbanyak dari tendangan bebas yaitu 28 kali. 

4. Pernah mendapatkan cek kosong agar tidak pindah ke Real Madrid pada 2006. "Pirlo adalah teman saya, ia tidak akan pergi kemana-mana. Kamu tidak akan pergi karena akan menandatangani ini. Ini untuk lima tahun, dan kami membiarkan rincian gaji kosong agar anda memasukkan sendiri nilai yang diinginkan," kata wakil presiden AC Milan, Adriano Galliani. 

5. Carlo Ancelotti adalah orang paling berjasa bagi Pirlo: Keputusannya untuk memainkannya sebagai gelandang tengah, membuat Pirlo menjadi pemain hebat. Pirlo sebelumnya hampir saja menjadi second striker. "Ancelotti seperti ayah bagi saya," kata Pirlo.  

6. Ketika bermain di Santiago Bernabeu pada 13 Mei 2015, saat Juventus melawan Madrid Pirlo dan kemudian ia digantikan oleh Andrea Barzagli pada menit 78, semua penonton berdiri dan memberikan tepuk tangan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya