Siapa Carli Lloyd, 'Pendamping' Messi di Ballon d'Or 2015?

Carli Lloyd dan Lionel Messi di Ballon d'Or 2015
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
Ballon d'Or, Target Utama Pogba Usai Gabung MU
- Nama Carli Lloyd disebutkan dalam pengumuman pemain terbaik wanita 2015 dalam gala Ballon d'Or hari Senin, 11 Januari 2016 atau Selasa dini hari WIB, di Zurich, Swiss.

Kiper Cantik Timnas AS Disoraki Penonton, Apa Reaksinya?
Meski mendapatkan status bergengsi tersebut, masih banyak pecinta sepakbola yang tak kenal dengan pemain berusia 33 tahun ini.

Presenter Cantik: Ronaldo Ternyata Bersahabat dengan Neymar
Carli adalah bagian dari tim nasional Amerika Serikat yang tahun lalu berhasil memberikan gelar juara Piala Dunia Wanita di Kanada. Dua keping medali emas Olimpiade pun menggantung di dinding trofi miliknya.

Bakat luar biasanya sudah terlihat sejak masih kecil, ia bahkan sempat mencetak 26 gol saat menjadi kapten buat timnya yang kalah hanya tiga kali dari 21 pertandingan sepanjang musim. Berbagai gelar pemain terbaik junior pun disabetnya.

Pada usia 25 tahun, Carli berhasil masuk ke dalam skuad timnas AS ke Piala Dunia 2007 dimana ia bermain tiga dari lima pertandingan. Namun, performa terbaiknya hadir pada 2015 kemarin di Piala Dunia ketiga sepanjang karirnya yang berbuah trofi pemain terbaik wanita.

"Jujur, saya tak tahu kalau akan menang. Saya tegang, jantung saya berdebar, dan ketika nama saya dipanggil itu menjadi momen terbaik yang pernah ada," ujar Carli, yang sempat menitikan air mata di podium.

"Saya pikir 2016 akan berjalan baik. Ekspektasi sangat tinggi untuk saya saat ini, tapi saya harus terus bekerja dan berkembang. Ini sungguh menggembirakan dan salah satu momen luar biasa dalam karir saya," tambahnya.

Rekor Fantastis!
Sepanjang Piala Dunia, gelandang bernomor 10 ini berhasil mencetak total enam gol sepanjang turnamen, termasuk rekor fantastis sebuah hat-trick dalam waktu 16 menit pertama laga dalam partai melawan Jepang di final! 

Tak hanya tiga golnya saja yang jadi catatan, salah satu golnya ada yang dicetak dari tengah lapangan setelah melihat kiper Jepang, Ayumi Kaihori, berdiri dari gawangnya. Gol ini pun menjadi salah satu nominasi gol terbaik versi FIFA (Puskas Award).

Keberhasilan tersebut memberikan AS gelar juara Piala Dunia ketiga sepanjang sejarah, terakhir kali pada 1999. Carli berhasil menyabet 'Bola Emas' atau status pemain terbaik dalam turnamen tersebut. Ia pun dapatkan 'Sepatu Emas', setelah hanya kalah dari Celia Sasic (yang jumlah golnya sama 6 tapi waktu bermainnya lebih sedikit).

Carli juga menjadi wanita pertama yang berhasil mencetak hat-trick dalam final Piala Dunia. Ia pun mengikuti jejak  pemain timnas Inggris, Geoff Hurst, yang pernah mencetak tiga gol dalam final Piala Dunia Pria tahun 1966 melawan Jerman.

Jadi nampaknya catatan impresif selama Piala Dunia kemarin adalah bukti kalau nama Carli pas keluar sebagai pemain terbaik dunia 2015, mendampingi seorang Lionel Messi.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya