16 Tim Akan 'Saling Bunuh' Demi Tampil di Prancis

16 Tim yang akan berlaga di Final Nasional DNC 2016.
Sumber :
  • viva.co.id / Radhitya Ardiansyah

VIVA.co.id – Gelaran Aqua Danone Nation Cup (DNC) 2016 sudah memasuki fase final Nasional. 16 tim dari 34 propinsi di Indonesia akan ambil bagian di fase ini, yang akan digelar tanggal 23-24 Juli 2016, bertempat di Stadion Soemantri Brodjonegoro.

5 Manfaat Bermain Sepakbola untuk Anak, Melatih Fisik Hingga Keterampilan Sosial

Dalam sesi temu awak media berikut pengundian grup di sebuah hotel bilangan Jakarta Selatan, seluruh tim ikut hadir. Selain itu tutut hadir pula pelatih tim juara Aqua DNC, Jacksen Tiago, serta alumni sekaligus pilar Timnas U-23, Muchlis Hadi Ning.

16 tim yang masuk dalam fase final Nasional, nantinya akan dibagi dalam empat grup. Kemudian, empat juara grup akan masuk ke babak semifinal dan selanjutnya dua tim terbaik akan saling berebut gelar juara.

Sukses Digelar, Ribuan Anak Semarakkan MILO National Championship 2023

Juara di ajang Aqua DNC 2016, nantinya akan mewakili Indonesia di kejuaraan dunia yang akan digelar di Prancis, mulai tanggal 10 Oktober 2016 mendatang.

Ajang Aqua DNC kali adalah yang ke-14 kalinya digelar. Di fase final nasional, ada 283 dari 115.000 anak yang berasal dari 34 provinsi. Tak hanya itu, 16 tim yang berhasil menembus fase final nasional, merupakan hasil saringan dari 9.200 tim di seluruh Indonesia.

Tahan Barcelona 2-2, Aksi Pemain U-12 Indonesia Curi Perhatian di Spanyol

"Ini tahun kedua saya melatih tim di Aqua DNC. Saya merasa sangat senang bisa menangani bibit muda Indonesia yang menurut saya punya karakter kuat dalam sepakbola," ujarnya Jacksen Tiago, pelatih Tim Aqua DNC.

"Indonesia memliki karakter yang kuat, ciri khas kuat. Saya selalu katakan sama anak-anak, kita tidak boleh kehilangan karakter dan ciri khas itu. Meskipun, lawan-lawan nanti cenderung punya fisik yang lebih besar, tapi tetap tidak boleh takut," katanya.

Di tahun keduanya, Jacksen yang memang mantan pemain dan pelatih yang pernah berkiprah dan meraih sukses di Indonesia, ingin menanamkan karakter pemenang pada potensi muda Indonesia.

"Semua yang ada di sini adalah pemenang. Juara itu memang hanya akan ada satu, tapi juara juga bukan segalanya. Yang lebih penting adalah menanamkan mental pemenang buat anak-anak ini," kata Jacksen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya