Bina Pemain Muda, Turnamen Ini Terapkan 'Fairplay Reward'

Tim peserta ajang Okky Splash Youth Soccer League 2017
Sumber :
  • Dokumentasi Panpel

VIVA.co.id – Geliat kompetisi usia dini maish terus menjadi salah satu pilar pembinaan berjenjang pentas sepakbola di Tanah Air. Dari ajang-ajang seperti ini pulalah poros pembinaan pemain muda mulai dirintis.

Sukses Digelar, Ribuan Anak Semarakkan MILO National Championship 2023

Misi itu pula yang diusung oleh turnamen U-12 bertajuk Okky Splash Youth Soccer League 2017. Nama-nama Sekolah Sepakbola (SSB) seperti Bmifa, Talenta muda, Tangerang FC, Forssekot, Satria Muda serta 16 tim lainya turut serta meramaikan kompetisi level regional yang berada dalam lingkup wadah pembinaan usia muda bernama Liga Semuda tersebut.

Ajang ini resmi dibuka oleh perwakilan PT Suntory Garuda Beverage selaku brand Okky Splash, Bayu Satria Wibowo dan Taufik Jursal Effendi sebagai Ketua Pelaksana Turnamen pada Sabtu 8 April 2017 di lapangan Yon Arhanud, Serpong, Tangerang.

Tahan Barcelona 2-2, Aksi Pemain U-12 Indonesia Curi Perhatian di Spanyol

Tak hanya itu, penyelanggaraan di kota Tangerang ini juga akan menjadi awal dimulainya rangkaian event serupa di 4 kota berbeda. Unsur fun dan happy juga menjadi prioritas utama dalam kompetisi ini agar anak-anak dapat menikmati setiap pertandingan yang dimainkan.

"Pada level usia 12 tahun, sangat penting untuk bibit-bibit muda sepakbola Tanah Air menikmati pertandingan tanpa dibebani ekspektasi yang berlebih. Hal ini terkait dengan pengembangan mental dan attitude yang sudah harus dipupuk sedari usia dini," ujar Taufik Jursal Effendi.

KBPP Polri International Cup Resmi 2022 Ditutup, Bhayangkara Youth FA Juara Kelompok U-14

Selain itu, penerapan kebijakan kartu hijau juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pemain muda yang berpartisipasi. Mereka diberikan pengalaman baru tentang "Fairplay Reward" bagi yang memiliki rasa toleransi tinggi, baik kepada kawan maupun lawan di lapangan.

Dengan metode Fairplay Reward, ajang ini memberikan kesempatan kepada pemain yang punya rasa toleransi tinggi, untuk bisa lolos otomatis ke fase Okky Splash Youth Selection via jalur wildcard.

Ilustrasi sepakbola anak.

5 Manfaat Bermain Sepakbola untuk Anak, Melatih Fisik Hingga Keterampilan Sosial

Ada banyak manfaat bermain sepakbola bagi anak-anak, baik secara fisik maupun sosial. Berikut ini lima dari banyaknya manfaat sepakbola untuk anak.

img_title
VIVA.co.id
25 Juli 2023