Tujuh Fakta Menarik Jelang Rumania Vs Albania

Eksekusi penalti dari pemain Rumania, Bogdan Stancu
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Rumania bakal berhadapan dengan Albania dalam partai terakhir di penyisihan Grup A. Pertandingan ini digelar di Stade de Lyon, Minggu,19 Juni 2016 atau Senin dini hari WIB.

Sadis, Timnas Inggris Bikin Albania Luluh Lantak di Wembley

Laga dini hari nanti menjadi sangat penting bagi Rumania. Tambahan tiga poin mereka butuhkan demi mengamankan tiket ke babak 16 besar.

Jika gagal, Rumania akan tersingkir dari Piala Eropa. Di klasemen peringkat tiga terbaik, Rumania dianggap tak lolos karena cuma menempati posisi kelima.

Timnas Inggris Vs Albania, Jangan Sampai Tergelincir

Sementara, Albania sudah tak memiliki beban saat menghadapi Rumania. Mereka dipastikan tersingkir dari Piala Eropa 2016.

Sebelum menyaksikan pertandingan ini, ada baiknya menyimak beberapa fakta menarik yang tersaji di duel Rumania versus Albania. Salah satunya adalah akrabnya kota Lyon terhadap skuat Rumania.

Kelemahan Timnas Inggris, Menyerang di Waktu yang Tidak Tepat

Lantas, seperti apa hubungan Rumania dengan kota Lyon? Berikut tujuh fakta menarik jelang Rumania versus Albania seperti dikutip situs resmi UEFA:

1. Rumania punya kenangan manis saat bertanding di Lyon. Dalam gelaran Piala Dunia 1998, mereka berhasil mengalahkan Kolombia dengan skor 1-0, saat bermain di Lyon. Ketika itu, asisten pelatih Rumania, Viorel Moldovan, ikut bermain.

2. Rumania gagal total di Piala Eropa terakhir mereka, edisi 2008. Mereka tak pernah menang (2 kali imbang dan kalah sekali). Parahnya mereka cuma mencetak satu gol.

3. Prestasi Rumania di babak kualifikasi sangat bagus. Mereka mencatatkan rekor pertahanan terbaik dengan hanya kebobolan dua kali dalam 10 laga.

4. Selama kualifikasi, Rumania juga tampil perkasa. Mereka tak pernah kalah dalam 10 laga (lima kali imbang dan menang dalam lima kesempatan).

5. Albania menjadi satu dari dua tim yang menjalani debut di Piala Eropa. Selain Albania, Islandia juga mencetak debut.

6. Rekor Albania di ajang kualifikasi adalah empat kali menang, kalah di dua kesempatan, dan dua laga lainnya berakhir imbang.

7. Pertandingan nanti ternyata berselisih tiga hari dengan ulang tahun pelatih Albania, Gianni De Biasi, 22 Juni 2016.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya