Gol Fantastis Terens Puhiri yang Mendunia

Pemain Borneo FC, Terens Owang Puhiri.
Sumber :
  • instagram/@terenspuhiri

VIVA – Sepakbola Indonesia, khususnya kompetisi Liga 1 kembali menjadi sorotan luas. Penyebabnya adalah aksi memukau winger Borneo FC, Terens Puhiri.

Borneo FC Bawa Misi Khusus Hadapi Persija

Terens bermain ciamik saat menjalani laga tandang ke markas Mitra Kukar, Stadion Aji Imbut, Senin 23 Oktober 2017. Dalam pertandingan itu, dia melakukan aksi solo run sebelum menjebol gawang lawan.

Gol dia hasilkan pada menit 71. Berawal dari serangan balik, Terens berlari mengejar bola yang sudah mencapai hampir separuh lapangan. Saat itu, dia berlari dari sepertiga lapangan.

PBFC Gagal Menang, Dejan Antonic Tetap Senang

Pemain belakang Mitra Kukar seakan mampu menjangkau bola. Tapi, laju Terens begitu kencang.

Winger 21 tahun tersebut secara mengejutkan mampu mencuri bola. Selanjutnya, dia terus berlari dan mengecoh kiper Mitra Kukar, Gerry Mandagi. Dengan mudah, Terens menceploskan bola ke gawang Gerry dan membuat Borneo unggul 3-0.

Cerita di Balik Comeback Apik Bali United Saat Lawan PBFC

Globoesporte, media ternama Brasil,  menyoroti aksi Terens. Mereka menyebut, laju lari Terens layaknya Usain Bolt.

"Pemain Indonesia berlari layaknya Usain Bolt demi mencetak gol ketiga Borneo FC di laga kontra Mitra Kukar dalam lanjutan Liga 1. Dia berlari dari area pertahanannya menuju wilayah lawan dan mengecoh pemain belakang serta kiper lawan," begitu tulisan Globoesporte.

"Andai FIFA memiliki penghargaan pemain tercepat, Terens bisa jadi pemenangnya," lanjut mereka.

Diajak ke Eropa

Tak hanya media Brasil yang mengangkat berita tentang kehebatan Terens. Harian asal Spanyol, Marca, juga ikut menyanjung pemain asal Jayapura itu.

"Pesepakbola Indonesia, Terens Puhiri, mencetak gol individu dengan menampilkan kecepatan yang tak bisa dipercaya," begitu pernyataan Marca.

Bukan cuma disorot media. Gol Terens juga membuat beberapa fans klub Turki, Besiktas, memintanya bergabung.

Mereka menyerbu Terens lewat akun instagramnya @terenspuhiri. "Come to BESIKTASSS," begitu komentar dari pengguna instagram dengan akun @uygar_erdogann.

Meski mendapat banyak sanjungan, tidak membuat Terens besar kepala. Dia hanya mengucap syukur karena golnya itu menjadi viral.

"Tentu saja saya senang (gol ini jadi viral). Namun, yang penting, sebagai manusia biasa saya tak boleh sombong dan selalu rendah hati. Saya bersyukur gol ini bisa viral di seluruh dunia. Sebab, menerima pujian saat menang dalam sepakbola sudah biasa," ujar Terens.

Bukan Cuma Terens

Untuk urusan mencuri perhatian dunia, Terens bukan yang pertama di Indonesia. Sebut saja nama Evan Dimas Darmono yang sempat menjalani trial ke Spanyol.

Dan yang paling dekat tentu adalah pemuda fenomenal, Egy Maulana Virki. Kiprahnya bersama Timnas Indonesia U-19 membuat sejumlah tim dari benua biru kepincut.

Egy dikaitkan dengan beberapa tim seperti Real Madrid, Getafe dan Espanyol. Terakhir, dia malah disebut-sebut mendapat undangan trail dari Benfica.

Meski ramai dihubungkan dengan klub besar, tapi Egy rupanya tak bergeming. Dia mengaku tengah fokus mempersiapkan diri bersama Timnas U-19 yang akan turun di Kualifikasi Piala Asia.

"Saya tidak mau komentar, fokus di timnas dulu. Saya tidak mau pikir lain-lain, nanti saya main terganggu," ujar pemain 17 tahun tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya