Real Madrid dan Barcelona Bidik Kemenangan Pertama di 2018

Bintang Barcelona, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo saat masih di Real Madrid (kanan).
Sumber :
  • Foottheball

VIVA – Real Madrid dan Barcelona akan melakoni laga perdana di tahun 2018, pekan ini. Keduanya akan berlaga di leg pertama babak 16 besar Copa del Rey, Jumat dinihari 5 Januari 2018.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Manchester City vs Real Madrid di Liga Champions

Real Madrid akan bertandang ke Nuevo Estadio Los Pajaritos menghadapi tim divisi dua, Numancia. Sementara Barcelona melawan Celta Vigo di Estadio de Balaidos.

Keduanya tentu berharap memulai tahun baru dengan hasil maksimla. Kemenangan di laga perdana tentu akan mengangkat moral para pemain di laga-laga berikutnya.

Prediksi Liga Champions: Manchester City vs Real Madrid

Moral tinggi para pemain sangat dibutuhkan. Mengingat mereka akan melakoni jadwal padat dalam dua minggu ke depan. Keduanya akan melakoni empat laga dalam 10 hari.

Usai melawan Numancia, Real Madrid akan menghadapi Celta Vigo (LaLiga, 8 Januari), Numancia (leg kedua Copa del Rey, 11 Januari) dan Villarreal (LaLiga, 13 Januari).

Kekurangan Real Madrid saat Menang Tipis Atas Mallorca

Sementara Barcelona, usai melawan Celta Vigo, akan menghadapi Levante (7 Januari), Celta Vigo (leg kedua Copa del Rey, 12 Januari) dan Real Sociedad (LaLiga, 15 Januari).

Selanjutnya: Lupakan Luka di El Clasico

Lupakan Luka El Clasico!

Ekspresi para pemain Real Madrid usai kalah dari Barcelona

Tahun baru, harapan baru. Semboyan itu disematkan para pemain Real Madrid di awal tahun 2018. Mereka harus melupakan luka mendalam di laga penghujung 2017 silam.

Seperti diketahui, Madrid menutup 2017 dengan tragis. Mereka dilumat rival abadi, Barcelona 0-3 di Santiago Bernabeu dalam lanjutan LaLiga, 23 Desember 2017.

"Sangat menyakitkan kalah di El Clasico, tapi Madrid tidak pernah menyerah," kata pelatih Madrid, Zinedine Zidane seperti dilansir situs resmi klub, Rabu 3 Januari 2018.

"Kami masih berlaga di tiga ajang bergengsi dan kami punya antusiasme tinggi di setiap laga yang akan kami mainkan hingga Mei 2018 (saat kompetisi usai)," jelasnya.

Banyak yang menganggap Numancia bakal mudah dikalahkan Madrid yang bertabur bintang. Namun, Zidane enggan menganggap remeh klub divisi dua Spanyol tersebut.

"Numancia tampil bagus di liga dan Copa del Rey, mereka telah mengalahkan Málaga. Kami akan menghormati lawan kami," lanjut pelatih asal Prancis tersebut.

"Kami tahu pentingnya pertandingan leg pertama di kandang lawan. Dan kami akan berusaha tampil bagus demi menghormati lawan," lanjut Zidane.

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, usai bawa klubnya juara La Liga musim lalu.

Meski skuatnya terus dikritik karena kerap memetik hasil negatif, Zidane tetap tidak goyah. Dia menegaskan sangat percaya dengan kemampuyan timnya.

"Saya senang dengan skuat yang kami miliki. Tidak perduli apa yang terjadi. Saya akan bertarung buat mereka. Dan mereka tentu saja akan mendukung saya hingga akhir," jelasnya.

Sementara itu, menghadapi Numancia, Real Madrid punya rekor bagus. Los Blancos selalu menang di empat pertemuan terakhir melawan Numancia di LaLiga.

Real Madrid terakhir kalah dari Numancia terjadi 17 tahun silam. Kala itu, Real Madrid tumbang 1-3 di kandang Numancia dalam lanjutan LaLiga, 4 November 2000.  

Selanjutnya: Hapus Rekor Buruk Awal Tahun

Akhiri Rekor Buruk Awal Tahun

Selebrasi gol para pemain Barcelona.

Tidak hanya Real Madrid, Barcelona juga punya ambisi sama memulai 2018. Skuat asuhan Ernesto Valverde bertekad mengawali tahun dengan kemenangan.

Ini juga sekaligus menghapus rekor buruk mereka di awal tahun dalam tiga tahun terakhir. Seperti diketahui, Barcelona tidak pernah menang di awal tahun sejak 2015.

Di awal 2017, Barcelona tumbang di tangan Athletic Bilbao. Di tahun sebelumnya (2016), Barcelona ditahan imbang Espanyo. Dan di tahun 2015, Barcelona ditekuk Real Sociedad.

Dan, kemenangan di El Clasico lalu, menjadi motivasi tambahan buat Barcelona untuk melanjutkan tren positif di awal 2018. Celta Vigo diharapkan bisa menjadi korban pertama Barcelona di awal 2018.

"Kami memiliki libur Natal yang manis (dengan menekuk Real Madrid di El Clasico), sekarang waktunya kami bersiap dengan baik untuk tahun ini," kata Valverde dilansir situs resmi Barcelona.

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde

Barcelona tentu sangat mewaspadai kekuatan Celta Vigo. Sebab Barcelona kerap disulitkan oleh klub yang berbasis di wilayah Vigo, Galicia, Spanyol tersebut.

Dari lima pertemuan terakhir melawan Celta Vigo, Barcelona hanya bisa meraih dua kemenangan. Sisanya, Barcelona kalah dua kali dan sekali ditahan imbang.

Sementara itu, kabar baik didapat Barcelona di awal 2018. Salah satu pemain depan yang sudah absen lama, Ousmane Dembele, sudah siap untuk kembali merumput.

Dibeli seharga £97 juta pada musim panas lalu, aksinya hanya bisa terlihat sebentar lantaran dibekap cedera hamstring sejak 16 September 2017.

Terhitung hampir empat bulan pemain asal Prancis itu menepi dari lapangan. Dan kini, dia dikabarkan sudah siap untuk kembali bermain untuk Barcelona.

Pemain berusia 20 tahun itu berpeluang untuk comeback pekan ini saat Barcelona bersua Celta Vigo. Tentunya, ini menjadi kabar baik bagi Barcelona di awal 2018.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya