Akhir Saga Transfer Philippe Coutinho

Philippe Coutinho
Sumber :
  • fcbarcelona.com

VIVA – Saga transfer Phlippe Countinho akhirnya menemui ujung. Setelah berbulan-bulan membuat publik penasaran, gelandang asal Brasil tersebut kini resmi bergabung dengan Barcelona.

Curhat Arteta Usai Arsenal Diamuk Liverpool

Dalam laman resminya, Barcelona tak mencatumkan jumlah uang yang mereka keluarkan untuk mendapatkan Coutinho. Akan tetapi, diperkirakan pemain berusia 25 tahun itu dihargai hingga 160 jjuta euro, setara Rp2,8 triliun.

Coutinho diikat kontrak selama lima musim ke depan oleh klub asal Catalan. Dan mereka memberi klausul kontrak pelepasan mencapai 400 juta euro, sekitar Rp6,4 triliun.

Peluang Kylian Mbappe ke Liverpool

Philippe Coutinho Berkostum FC Barcelona

Bisa dikatakan sekarang Coutinho adalah pemain termahal yang pernah didatangkan Barcelona. Malah, rekor transfernya pun menjadi yang tertinggi ketiga di dunia, hanya kalah dari dua penggawa PSG, Neymar serta Kylian Mbappe.

Liverpool Harap-harap Cemas Usai Hajar Newcastle United

Masih belum cukup. Barcelona dalam hal ini juga memanjakan Coutinho dengan gaji besar, meski angkanya tidak lebih dari dua bintang andalan Los Azulgranas saat ini, Lionel Messi dan Luis Suarez.

Di Barcelona dia menerima bayaran 240 ribu poundsterling, sekitar Rp4,4 miliar, per pekan. Sementara Suarez dibayar sebesar 290 ribu poundsterling, atau Rp5,3 miliar, per pekan. Lalu Messi menerima gaji 500 ribu poundsterling, Rp9,1 miliar, per pekan.

 Juergen Klopp Belum Rela

Kepergian Philippe Coutinho ke Barcelona belum sepenuhnya direlakan Liverpool. Sang manajer, Juergen Klopp, tidak bisa menutupi kesedihannya dan mengungkap betapa seluruh daya dan upaya telah dikerahkan demi mencegah pemainnya pergi.

Manajer Liverpool, Juergen Klopp

"Dengan sangat berat hati, kami sebagai tim dan klub, harus mengucapkan perpisahan kepada teman baik, sosok mengagumkan dan pemain fantastis dalam diri Philippe Coutinho," kata Klopp.

Klopp mengungkapkan bahwa sudah menjadi rahasia publik, Coutinho ingin menyambut pinangan Barcelona sejak Juli tahun lalu. Liverpool berhasil mencegah kepergiannya saat bursa transfer tutup bulan Agustus 2017.

"Coutinho bilang ke saya, pemilik klub dan beberapa rekan timnya bahwa dia putus asa karena kegagalan transfer itu," ujar Klopp.

Liverpool dan Klopp senang karena berhasil menahannya awal musim itu. Setengah musim kompetisi berjalan, mereka berusaha memberikan kenyamanan buat Coutinho dan terus membujuk agar bertahan di Anfield.

"Saya bisa bilang ke suporter Liverpool bahwa kami, sebagai klub, telah melakukan segalanya untuk menjaga Coutinho. Tetapi dia telah yakin 100 persen dengan masa depannya dan keluarganya milik Barcelona. Itu adalah mimpinya, dan sekarang saya yakin tidak ada yang bisa mengubah pikirannya," kata pria asal Jerman itu.

Setelah mengerahkan segala upaya untuk menjaga bintangnya, Klopp harus berdamai dengan realitas industri sepakbola.

"Pemain bisa datang dan pergi, itulah sepakbola. Tetapi sebagai klub kami cukup besar dan cukup kuat untuk terus agresif di lapangan, bahkan ketika kehilangan bintang penting," katanya.

"Saya cukup tahu sejarah Liverpool, pemain kunci pergi sebelumnya, tetapi klub terus melaju. Kalian tidak akan bisa mentransfer jiwa dan semangat Liverpool Football Club, meskipun saya yakin banyak klub yang ingin membelinya, tutupnya.

Madrid Terusik

Merapatnya Coutinho ke Barcelona membuat rival abadi mereka di LaLiga, Real Madrid, terusik. Los lancos tidak mau kalah dan kabarnya mereka juga akan menyiapkan senjata tambahan.

Madrid kini sedang berupaya mendatangkan bomber Tottenham Hotspur, Harry Kane. Madrid ingin merealisasikannya di bursa transfer musim dingin, Januari 2018.

Penyerang Tottenham Hotspur, Harry Kane

Keinginan El Real untuk memboyongnya tidak terlepas dari penampilan minor bomber-bombernya. Seperti Cristiano Ronaldo yang di musim ini menunjukkan penurunan performa.

Tercatat, pemain asal Portugal tersebut baru menciptakan 4 gol di ajang LaLiga. Selain itu, rekan Ronaldo, Karim Benzema, hanya menciptakan dua gol dari 12 laga LaLiga.

Kondisi ini berdampak pada posisi Real Madrid di LaLiga. Saat ini mereka menempati posisi ke-4 dengan raihan 31 poin dari 16 laga.

Kane diprediksi bisa menyelesaikan masalah tersebut. Penampilannya bersama Spurs juga sangat impresif, terbukti dia menjadi top skorer sementara Premier League dengan raihan 18 gol.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya