Mampukah Liverpool Runtuhkan Kejayaan ManCity?

Laga Premier League, Liverpool kontra Manchester City
Sumber :
  • Bleacher Report

VIVA – Sudah 13 pertandingan Premier League, Liverpool belum juga terkalahkan. Tapi, itu bukan yang paling hebat. Calon lawannya, Manchester City, sekali pun belum merasakan apa yang namanya kalah. Kedua raksasa bakal baku hantam akhir pekan ini.

Haaland Setuju Odegaard Bisa Bikin Man City Makin Hebat, tapi ...

Liverpool akan jadi tuan rumah yang tak takut dengan calon lawannya. Tak cuma modal 13 laga Premier League tak terkalahkan, tapi juga rekor 14 tahun tak terkalahkan di Anfield atas City, juga jadi motivasi tinggi buat Liverpool hentikan laju kencang City.

Namun demikian, manajer Liverpool, Juergen Klopp, tak boleh lengah. Sebab, City yang belum terkalahkan musim ini membawa segudang misi. City saat ini memuncaki klasemen sementara Premier League dengan catatan 62 poin. Jumlah tersebut terpaut jauh dari pesaing terdekatnya, Manchester United, di posisi kedua dengan selisih 15 poin.

Real Madrid Incar Bintang Muda Manchester United

Jelas, City akan tampil agresif sejak awal pertandingan, demi membawa pulang poin penuh. Armada Manchester Biru di bawah komando Guardiola bukan cuma sudah kompak secara permainan, tapi juga punya amunisi para bintang kuat di semua lini.

Lalu, apa yang ada dalam perencanaan kedua nahkoda, Klopp dan Guardiola untuk perang besar nanti? Liverpool akan menjamu City di Anfield dalam laga lanjutan Premier League pekan ke-23, Minggu 14 November 2017 WIB.

Gak Ada Duit, Barcelona Enggan Tebus Bintang Manchester United Ini

Genius yang Santai

Meski punya catatan positif saat menjamu City, Klopp nampaknya enggan jumawa. Sebab Klopp tahu, City belum terbendung keganasannya. Apalagi, pasukannya sempat bertekuk lutut di perjumpaan perdana musim ini.

Saat itu, tepatnya 9 September 2017, Liverpool luluh lantak saat melawat ke Etihad Stadium. Catatan gol Nicolas Otamendi, Sergio Aguero, Fernandinho, Gabriel Jesus, dan Leroy Sane, bikin armada The Anfield Gang tarkapar tak berdaya.

Klopp mengatakan, pertandingan melawan City akan jadi pertandingan yang menarik. Klopp juga tau sang lawan belum pernah merasakan pahitnya kekalahan musim ini. Tapi menurutnya juga, jika hanya bertahan atau bermain pasif, Liverpool bisa terkapar lagi. Jadi, tak ada alasan untuk bermain terbuka dan meladeni agresivitas City.

"Sangat menarik untuk bermain melawan City. Mereka bermain sangat bagus. Dan, jika Anda tidak menghormati itu, Anda punya masalah. Tapi, jika tidak memiliki keberanian dalam pertandingan, Anda akan tetap punya masalah. Anda harus menunjukkannya," ujar Klopp dikutip BBC.

Lawan Kuat Harus Jadi Korban

22 laga tak terkalahkan, tak lantas membuat Guardiola besar kepala. Manajer asal Spanyol ini juga tahu, gelar juara Premier League pertamanya sudah dekat dengan genggaman. 

Oleh sebab itu, eks pelatih Barcelona dan Bayern Munich mewajibkan poin sempurna, andai bertemu dengan lawan-lawan kuat. Sebab, memenangkan laga melawan tim kuat adalah salah satu kunci melenggang bebas menuju status jawara Premier League 2017/2018.

"Tentu saja, jika Anda ingin mencapai sesuatu, itu sangat baik. Dan untuk memenangkan gelar, Anda harus memenangkan pertandingan seperti ini (melawan tim kuat)," ujar Guardiola dikutip BBC.

Meski tampil digdaya dan belum terkalahkan, Guardiola juga tak sesumbar. Guardiola sadar, masih ada 16 pertandingan sisa, termasuk melawan tim-tim besar semisal Liverpool dan Tottenham. Meski tak menyebut semua pesainngnya semisal Manchester United atau Chelsea, Guardiola menyiratkannya dengan menyebut dua nama tadi.

Percaya diri tak boleh hilang, Guardiola yakin timnya bisa mencuri poin penuh dari markas Liverpool. Guardiola menjadikan statistik maksimal yang dicatatkan City di Liga Champions. Meskipun, sempat mengalami satu kekalahan dari Shakhtar Donetsk dalam matchday terakhir.

"Musim ini kami melakukan semuanya (memenangkan seluruh pertandingan Premier League). Tapi, kami masih harus pergi ke Anfield (dan) Tottenham. Masih banyak pertandingan yang harus dimainkan," katanya. 

"Tapi, (pertandingan melawan) Liverpool adalah pertandingan penting. Menyadari bahwa kami mampu melakukan banyak hal hebat musim ini, dalam tahap yang sangat penting, di Liga Champions," kata Guardiola.

Siapa akan terjungkal dalam laga nanti? Apakah Liverpool akan melanjutkan rekor 13 laga tak terkalahkan? Atau justru City yang akan juga tetap dalam jalur kemenangan, melanjutkan rekor tak terkalahkan dalam 23 pertandingan?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya