5 Kiper dengan Penyelamatan Terbaik di Piala Presiden

Bali United saat menjalani latihan.
Sumber :
  • Twitter/@BaliUtd

VIVA – Piala Presiden sudah memasuki tahun ketiga dalam penyelenggaraannya. Dimulai pertama kali pada 2015, ajang Piala Presiden melahirkan beberapa catatan para penggawa sepakbola Indonesia. Salah satunya dari sektor penjaga gawang. Ada beberapa nama yang punya catatan penyelamatan sepanjang kiprahnya di Piala Presiden.

FOBI Gelar Kejuaraan Dunia Bertajuk Piala Presiden, 10 Negara Tampil

Piala Presiden 2018 akan memasuki babak semifinal.  Tiga tim elite Indonesia, Bali United, Persija Jakarta, dan Sriwijaya FC, serta satu tim promosi yang tampil mengejutkan, PSMS Medan, bakal saling jegal untuk bisa menginjakkan kaki di partai puncak.

Bali United yang berisi materi pemain bintang, akan berhadapan dengan Sriwijaya FC yang juga punya kualitas pemain yang tak kalah hebat. Sementara itu, dua tim tradisional, Persija dan PSMS, juga bakal saling hantam di laga semifinal lainnya.

Liga 1 Ditunda demi Klub dan Timnas Indonesia U-23, Pelatih Bali United Menyayangkan

Namun sebelum itu, ada beberapa catatan penting dalam gelaran Piala Presiden selama tiga kali penyelenggaraan. Khusus dari sektor penjaga gawang, ada beberapa nama kiper yang punya catatan penyelamatan terbanyak sepanjang Piala Presiden.

Menurut data Labbola, berikut lima penjaga gawang dengan catatan penyelamatan terbanyak khusus di ajang Piala Presiden.

Hasil Liga 1: Dengan 10 Pemain Bali United Kalahkan Persija

1. Teja Paku Alam (Sriwijaya FC)

Hasil gambar untuk teja paku alam viva.co.id

Kiper kelahiran Painan, Sumatera Barat, 14 September 1994, sudah jadi andalan Laskar Wong Kito sejak 2013 lalu. Selama kiprahnya di ajang Piala Presiden, Teja mampu mencatat 28 saves, termasuk saat membawa Sriwijaya FC menembus semifinal Piala Presiden 2015.

2. Dian Agus Prasetyo (Sriwijaya FC /Borneo FC)

Hasil gambar untuk dian agus prasetyo viva.co.id

Sepak terjang Dian Agus tak perlu diragukan lagi. Pernah membela Sriwijaya FC dan Borneo FC di ajang Piala Presiden sejak 2015, catatan kiper senior 32 tahun mencapai 28 saves.

3. Choirul Huda (Persela Lamongan)

Hasil gambar untuk choirul huda viva.co.id

Choirul Huda memang sudah pergi untuk selamanya. Namun, ketangguhannya mengawal gawang Persela Lamongan akan tetap diingat. Huda yang hanya membela Persela sepanjang kariernya, jadi kiper kedua dengan catatan penyelamatan terbanyak di Piala Presiden. Sejak 2015, Huda mampu mencatat 29 penyelamatan di bawah mistar gawang Laskar Joko Tingkir.

4. Kurnia Meiga (Arema FC)

Hasil gambar untuk kurnia meiga viva.co.id

Berstatus sebagai kiper utama Arema FC dan Timnas Indonesia senior, Kurnia Meiga memang jadi salah satu kiper terbaik yang dimiliki Indonesia. Meiga yang pernah membawa Arema juara Piala Presiden 2017, mencatat jumlah save yang sama dengan Huda. Hingga saat ini, Meiga sudah mencatat 29 penyelamatan sepanjang Piala Presiden digelar.

5. Wawan Hendrawan (Mitra Kukar/Bali United)

Penjaga gawang veteran 35 tahun, jadi kiper paling tangguh sepanjang tiga gelaran Piala Presiden. Saking tangguhnya, banyak yang menjuluki Wawan Hendrawan dengan sebutan "Spiderwan". Total Wawan sudah membuat 39 penyelamatan sejak 2015.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya