Kapan Kepastian Kick Off Liga 1 2018?

Pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yasir (Makassar)

VIVA – Pelatih PSM Makassar Robert Rene Alberts kembali mengkritisi pelaksanaan Piala Presiden. Pada Liga 1 musim 2017 lalu, hanya Robert di PSM dan tiga pelatih lainnya seperti Bhayangkara FC, Madura FC, dan Barito Putera yang tetap bertahan bersama timnya hingga akhir musim. 14 tim lainnya bermasalah dengan pelatih mereka. 

Gol Menit Akhir PSIS Buyarkan Kemenangan Bhayangkara FC

Dia menilai, pelaksanaan Piala Presiden hanya menjadi beban bagi para pelatih. Bukannya fokus membangun tim untuk Liga 1, para pelatih malah tertekan untuk merespons harapan suporter di pramusim.

"Tahun lalu, bahkan banyak pelatih yang dipecat. Tentu saja, ini tekanan yang tidak perlu didapati para pelatih pada saat dia harus membangun tim tapi fokus di pramusim," ujar Robert. 

Persija Dilanda Kelelahan Jelang Hadapi Tira Persikabo

Oleh karena itu, ia berharap jadwal pelaksanaan Piala Presiden dapat diubah dan menghilangkan kesan yang terlalu kompetitif. Sejatinya, kata dia, pramusim digunakan pelatih bersama tim untuk mempersiapkan diri jelang kick off Liga 1.

"Mereka tidak siap untuk kompetisi pramusim. Jadi saya berharap sekali, bahwa kita pertimbangkan lagi Piala Presiden untuk berubah. Karena ini bisa jadi kompetisi dalam kompetisi sebenarnya," kata Robert.

Berharap Putus Tren Negatif, Persija Malah Tampil Pincang Vs Persikabo

Pelatih asal Belanda itu juga mengaku bingung dengan kepastian jadwal kick off Liga 1 musim 2018 yang belum jelas. Meski sebelumnya, PSSI telah mewacanakan liga akan bergulir pada 3 Maret 2018, namun belum ada penyampaian resmi tentang hal itu. 

"Sampai sekarang, tidak ada pemberitahuan resmi kapan kick off liga. Jadi apa sebenarnya prioritas di sepakbola Indonesia sekarang," ucap Robert. (one)

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts.

Persib Bandung Waspadai Kekuatan Lini Depan MU

Persib Bandung bakal bersua Madura United dalam lanjutan Liga 1 malam hari ini. Pelatih Persib Robert Rene Alberts mengungkapkan hal ini.

img_title
VIVA.co.id
13 Maret 2022