8 Klub Liga 1 Ramaikan Piala Gubernur Kaltim 2018

Jelang Piala Gubernur Kaltim 2018.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pratama Yudha

VIVA – Usai gelaran Piala Presiden 2018, sepakbola Indonesia masih akan menggelar turnamen pramusim sebelum kompetisi resmi dimulai. Turnamen tersebut bertajuk Piala Gubernur Kalimantan Timur yang akan dihelat pada 23 Februari - 4 Maret 2018.

Dua Kiper Persebaya Jadi 'Tumbal' PGK 2018

Sebanyak delapan tim kontestan Liga 1 memastikan diri ambil bagian di turnamen ini. Delapan tim tersebut akan dibagi menjadi dua grup dan menggunakan format home tournament dengan aturan dua tim teratas di masing-masing grup yang berhak lolos ke semifinal.

Dua kota telah ditunjuk menjadi tuan rumah di masing-masing grup. Grup A akan digelar di Stadion Segiri, Samarinda. Sementara pertandingan Grup B bakal dihelat di Stadion Batakan, Balikpapan.

Juara, Sriwijaya FC Buktikan Kolektivitas Skuat Baru

Khusus untuk laga pembuka dan final akan dihelat di Stadion Palaran, Samarinda, bersama dengan perebutan tempat ketiga dan keempat. Sedangkan untuk semifinal masih belum ditentukan bakal digelar di stadion mana.

"Pada Piala Gubernur Kaltim pertama dibagi menjadi tiga grup dan itu memakan waktu. Jadi diputuskan dua grup saja di Piala Gubernur Kaltim kedua ini," ujar Wakil Ketua Steering Committee Piala Gubernur Kaltim 2018, Yunus Nusi, di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Senin, 12 Februari 2018.

Juara Pramusim Saja, Sriwijaya FC akan Diguyur Bonus Besar

Ini menjadi kali kedua Piala Gubernur Kaltim digelar setelah sebelumnya dihelat pada 2016. Dan pada perhelatan kali ini, panitia pelaksana menjanjikan hadiah yang cukup besar.

Total hadiah mencapai Rp2,5 miliar, dengan rincian juara mendapatkan Rp1 miliar, runner up mendapat Rp750 juta, peringkat ketiga mendapat Rp500 juta, dan peringkat keempat Rp250 juta.

Sementara itu, panitia juga menyiapkan match fee di tiap pertandingan. Tim pemenang mendapat Rp125 juta dan yang kalah di waktu normal mendapat Rp75 juta. Sedangkan pemenang adu penalti mendapat Rp110 juta dan kalah adu penalti Rp90 juta.

"Soal jadwal sudah disusun sesuai dengan pertimbangan setelah melihat berakhirnya Piala Presiden dan Kick-off Liga 1 pada 10 Maret mendatang," kata Yunus.

"Akan tetapi saat ini kami di kepanitiaan belum bisa memberikan jadwal karena ada beberapa pertimbangan dan akan diberitahukan dalam waktu tiga hari ke depan," lanjutnya.

Berikut Pembagian Grup Piala Gubernur Kaltim 2018:

Grup A

Borneo FC

Arema FC

Mitra Kukar

Bali United


Grup B

Persebaya Surabaya 

Persiba Balikpapan

Madura United

Sriwijaya FC

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya