Liga 1 Tak Lagi Pakai Wasit Asing

Ilustrasi wasit asing
Sumber :
  • Reuters/Carl Recine

VIVA – Jasa wasit asing di Indonesia tak akan berlaku lagi untuk musim ini. Chief Operating Officer (COO) PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), Tigor Shalom Boboy, menjelaskan bahwa tidak lagi menggunakan pengadil impor.

Langkah Tegas PSSI Basmi Sepakbola Gajah di Liga 3

Liga 1 2017 sempat mengeluarkan kebijakan untuk memakai wasit asing akibat ada beberapa keputusan yang tidak wajar. Untuk meminimalisasi hal tersebut, PSSI mengimpor wasit dari berbagai negara untuk memimpin laga-laga krusial di Liga 1, sejak awal putaran kedua.

Awal kehadiran wasit-wasit asing memicu respons yang positif. Namun, menjelang kompetisi usai, banyak keputusan kontroversial yang dibuat oleh wasit dari luar negeri itu.

Pemain Keturunan Bisa Bela Timnas U-19 di Piala Dunia U-20, Siapa Dia?

Salah contohnya terjadi di pertandingan Persija Jakarta vs Persib Bandung di Stadion Manahan Solo, 3 November 2017. Kala itu, Persib merasa dirugikan oleh keputusan wasit asal Australia, Shaun Evans yang menganulir gol dari Ezechiel N'Douassel di menit ke-28. 

Padahal berdasarkan tayangan ulang bola tersebut sudah masuk ke gawang Persija.

Persib Bandung Waspadai Kekuatan Lini Depan MU

Akibat banyaknya protes terhadap kebijakan tersebut, PT LIB akhirnya mengambil langkah tegas. Tigor menegaskan penggunaan wasit asing di musim ini tidak lagi dipakai. PT LIB dan PSSI berupaya untuk memprioritaskan wasit lokal agar bisa memperbaiki kualitasnya di negaranya sendiri.

"Saya pastikan tidak ada lagi penggunaan wasit asing. Sejatinya kemarin penggunaan wasit asing bagian dari strategi development (pengembangan)," kata Tigor.

PSSI juga menunjukkan keseriusan memperbaiki kualitas wasit Indonesia agar bisa bersaing dan mampu memimpin pertandingan internasional. 

"Apalagi PSSI saat ini sudah menunjuk Toshiyuki Nagi untuk menjabat sebagai direktur Teknik Wasit di tubuh PSSI," Tigor melanjutkan.

Kehadiran Toshi di PSSI sangat dibutuhkan untuk membenahi kualitas wasit lokal. Mantan wasit AFC asal Jepang ini didatangkan melalui kerja sama antara PSSI dan Federasi Sepakbola Jepang (JFA).

Laporan: Zulfikar Husein

Suporter sepakbola kini jadi idola kaum Hawa karena paras para pemain yang ganteng. Kira-kira siapa pemain Persija paling ganteng menurut Jak Angel? Lihat di video ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya