Polemik Status Vujovic di Laga Bhayangkara Vs Persija

Bhayangkara FC saat melawan Persija Jakarta.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Baru saja kick off, Liga 1 sudah mencuatkan polemik. Itu terjadi di partai pembuka antara juara bertahan Bhayangkara FC melawan Persija Jakarta di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat, 23 Maret 2018.

PSSI Buka Suara soal Dugaan Pengaturan Skor Bhayangkara FC Vs Persik

Pertandingan sendiri berjalan lancar dari awal sampai akhir. Hasil laga, kedua kubu harus puas bermain imbang tanpa gol.

Namun polemik muncul karena di media sosial ramai mempertanyakan soal kehadiran Vladimir Vujovic. Bek asal Montenegro itu diturunkan mengawal lini belakang Bhayangkara, padahal beberapa bulan lalu, dia mendapatkan hukuman larangan lima pertandingan.

Ada Sosok Mencurigakan saat Pertandingan Persik Vs Bhayangkara FC

Sanksi tersebut karena Vujovic mengintimidasi wasit Evans Shaun saat memimpin pertandingan Persija Jakarta versus Persib Bandung di Stadion Manahan, Solo, 3 November 2017.

Hitung-hitungan di atas kertas, harusnya Vujovic belum bisa diturunkan. Terkait hal itu, selaku operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB) buka suara.

Persik Kediri Lapor Satgas Anti Mafia Bola Usai Dibantai Bhayangkara FC

Penjelasan LIB

COO PT LIB, Tigorshalom Boboy menyebutkan bahwa pihaknya telah menerima surat keputusan dari Komite Banding (Komding) PSSI terkait status Vujovic.

COO PT. Liga Indonesia Baru (LIB), Tigorshalom Boboy

“Kami hanya pelaksana atau operator kompetisi. Berdasarkan surat keputusan dari Komding PSSI, Vujovic bisa diturunkan pada laga pembuka Liga 1 2018. Dan, itu juga sudah disampaikan ke klub. Soal apa pertimbangan mendasar Vujovic diperbolehkan tampil, silakan meminta penjelasan konkretnya ke Komding PSSI,” jelas Tigor, dalam rilis yang diterima VIVA.

Selain itu, sebelum pertandingan pembuka tersebut digelar, telah diadakan Match Coordination Meeting (MCM) pada Kamis sore, 22 Maret 2018. Dalam MCM, tidak ada yang mempermasalahkan status Vujovic. Persija, sebagai lawan Bhayangkara, juga tak mempertanyakan.

“Saya berpatokan pada sistem. Tidak ada nama pemain yang terblok sebagai pertanda pemain tersebut dilarang tampil. Jadi semua bisa turun. Sejauh ini, sampai dengan berakhirnya pertandingan pada Jumat malam, tidak ada laporan keberatan dari pihak Persija,” jelas pengawas pertandingan Bhayangkara FC vs Persija, Purwidyastanto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya