Saddil Ramdani Sang Motivator di Timnas U-19

Pesepak Indonesia U19 Saddil Ramdani (atas) berebut bola dengan pesepak bola Singapura U19 Muhammad Nur Adam Abdullah (bawah) dalam penyisihan grup A Piala AFF U19
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA – Pelatih Persela Lamongan Aji Santoso menyebut sosok Saddil Ramdani dalam Timnas U-19 sebagai seorang motivator bagi tim. Dalam laga kontra Filipina sempat tertinggal namun Timnas mampu membalikkan keadaan.

Mantan Kapten Timnas Indonesia U-19, Nurhidayat Gabung Klub Filipina

Come back sempurna dilakukan oleh Saddil Ramdani Cs. Hanya dalam waktu 10 menit mereka mampu mencetak 4 gol. Laga itu sendiri berakhir dengan skor 4-1. Dua gol di antaranya dilesatkan oleh Saddil Ramdani.

"Dia memiliki talenta yang luar biasa dia bisa jadi motivator di Timnas U-19. Kemarin lawan Filipina kurang 10 menit kita tertinggal, tapi dia bisa cetak gol sangat bagus dan jadi pelecut pemain lainnya untuk bangkit," kata Aji Santoso, Sabtu, 7 Juli 2018.

Mantan Pelatih Malaysia Dukung Shin Tae-yong Coret Saddil Ramdani dari Timnas Indonesia

Aji Santoso memilili kedekatan spesial dengan Saddil. Talenta Saddil ditempa di Aji Santoso International Football Academy di Malang. Aji Santoso jugalah yang mengajak Saddil bergabung bersama Persela, hingga dia menjadi salah satu bintang di tim Laskar Joko Tingkir.

"Dengan skill yang bagus dia bisa cetak gol dia bisa jadi bintang masa depan. Asal kerja keras dan rendah hati, jika itu dilanggar dia tidak akan bisa jadi pemain bintang," ujar Aji Santoso.

Respons PSSI Usai Dokter Gadungan Timnas Indonesia dan Klub Liga 1 Ditangkap

Aji Santoso mengaku dirinya dianggap sebagai orangtua kedua bagi Saddil. Karir profesional pertama Saddil bersama Persela tidak lepas dari pengamatan Aji Santoso. Ia pun sering memberi motivasi kepada Saddil agar dia tidak puas diri dan selalu memperbaiki skill.

"Saya juga dianggap orang tuanya. Saat tiba di Malang orang tua menyerahkan Saddil ke saya. Saya punya tanggung jawab melatih Saddil, semoga dia terus memompa kemampuanya dan paling penting dia tidak berpuas diri," tutur Aji Santoso.

Timnas Indonesiau U-19 akan menghadapi laga penentuan kontra Vietnam di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo pada Sabtu malam nanti. Kemenangan akan memastikan langkah Timnas lolos ke babak Semifinal Piala AFF U-19. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya