Skema Baru Racikan Rahmad Darmawan Belum Sempurna

Rahmad Darmawan bersama Mitra Kukar
Sumber :
  • Robbi Syai'an (Samarinda)/ VIVA

VIVA – Rahmad Darmawan mencoba menerapkan skema racikan terbarunya saat Mitra Kukar melawat ke Stadion Ratu Pamelingan, markas Madura United, Kamis 13 September 2018. Akan tetapi, tim tamu dipaksa menyerah 2-0 pada laga pekan 21 Liga 1 2018 itu.

Drama 4 Gol Lawan Madura United, Dewa United Jaga Asa Tembus Championship Series

Pelatih yang akrab disapa RD mencoba memainkan tiga pemain belakang. Alasannya, dia ingin meredam kecepatan para pemain depan Madura United.

"Kita memang memakai satu sistem permainan yang baru dikenalkan kepada mereka dalam satu minggu terakhir, dengan 3 pemain belakang," kata RD saat konferensi pers usai pertandingan.

Hasil Liga 1: Bhayangkara FC Pesta Gol, Duel Dewa United vs Madura United Dihentikan

"Sebenarnya sudah cukup efektif untuk meredam kelebihan dan kecepatan pemain-pemain Madura. Tetapi ada satu keterlambatan yang terjadi dan itu kemudian membuat kita kalah," imbuhnya.

RD menekankan pentingnya para pemain membaca permainan lawan. Penempatan posisi dan transisi bermain yang salah menjadi senjata lawan untuk memberi tekanan.

Keluar dari Zona Degradasi, Arema FC Fokus Tatap 2 Laga Sisa

"Ada satu situasi kita terlambat mengambil keputusan. Pemain bingung kapan transisi untuk compact defense, atau kapan harus spread attacking, jadi lebih kepada positioning," tuturnya.

Ke depan, Mitra Kukar akan terus diasah untuk bermain dengan skema tiga pemain belakang. Karena secara keseluruhan, RD merasa puas dengan performa para pemain.

"Secara umum tidak ada masalah. Semua pemain memberikan permainan yang terbaik dan perlawanan cukup bagus. Kita juga membuka beberapa peluang tetapi memang Madura bermain dengan tenang, bagus dan efisien dalam mengubah peluang menjadi gol," ujar RD.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya