Liga 1 U-19 Kembali Dihelat, Berikut Pembagian Grupnya

Ilustrasi Liga 1 U-19
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Liga 1 U-19 2018 akan segera dimulai. 18 klub kontestan akan berebut gelar juara di level junior. Kompetisi usia muda tingkat nasional ini akan digelar mulai 29 September 2018.

Persib Bandung Waspadai Kekuatan Lini Depan MU

Seperti tahun lalu, Liga 1 U-19 akan dibagi menjadi tiga grup, yang di masing-masing grup terdiri dari tiga tim. Namun demikian, ada sedikit perbedaan soal format yang digunakan di Liga 1 U-19 kali ini. Yaitu, di musim ini seluruhnya diterapkan sistem home tournament.

"Liga 1 U-19 akan diikuti oleh 18 klub, akan kick off pada 29 September (2018) kemudian finalnya pada 18 November 2018," ucap Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru, Tigorshalom Boboy, kepada wartawan.

Gol Menit Akhir PSIS Buyarkan Kemenangan Bhayangkara FC

"Ada sedikit perbedaan dari musim sebelumnya. Untuk format di babak pendahuluan (penyisihan), kita akan menggunakan home tournament di dua putaran. Kalau musim kemarin hanya ada satu grup yang menggunakan home tournament, sekarang kami menetapkan format home tournament secara keseluruhan," katanya.

Di Grup 1, Sriwijaya FC U-19 akan menjadi tuan rumah di dua putaran. Selain Sriwijaya FC, grup ini juga dihuni oleh PSMS Medan, Persija Jakarta, Bhayangkara FC, PS Tira, dan PSIS Semarang.

Persija Dilanda Kelelahan Jelang Hadapi Tira Persikabo

Kemudian di Grup 2, Bali United dan Persib Bandung akan berbagi kesempatan menjadi tuan rumah. Bali United akan menjadi tuan rumah di putaran pertama, sementara Persib akan menjadi tuan rumah di putaran kedua. Selain Bali United dan Persib, empat tim lainnya juga tergabung di grup ini. Keempat tim tersebut yakni Persebaya Surabaya, Persela Lamongan, Madura United, dan Barito Putera.

Sementara di Grup 3, hanya Arema FC yang mengajukan diri sebagai tuan rumah di putaran pertama. Sementara di putaran kedua, belum ada tim yang mengajukan diri menjadi tuan rumah. Arema tergabung di Grup 3 bersama Borneo FC, Mitra Kukar, PSM makassar, Perseru Serui, serta juara bertahan, Persipura Jayapura.

"(Di grup) ini baru diputuskan satu putaran yang menjadi tuan rumah, yaitu Arema FC. Belum diputuskan tuan rumah untuk putaran kedua," ujar Tigor melanjutkan.

Untuk jumlah hadiah, Liga 1 U-19 2018 tak mengalami perubahan. Juara akan mendapatkan hadiah sebesar Rp300 juta, sementara runner up akan menerima hadiah sebesar Rp200 juta, dan peringkat ketiga akan menerima Rp100 juta. Pemain terbaik dan top scorer akan mendapatkan hadiah masing-masing sebesar Rp50 juta.

Berikut pembagian grup Liga 1 U-19:

Grup 1

Sriwijaya FC
PSMS Medan
Persija Jakarta
Bhayangkara FC
PS Tira
PSIS Semarang

Grup 2

Persib Bandung
Persela Lamongan
Persebaya Surabaya
Madura United
Bali United
Barito Putera

Grup 3

Arema FC
Borneo FC
Mitra Kukar
PSM Makassar
Perseru Serui
Persipura Jayapura

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya