Manajer Persija Tuntut Timbal Balik dari Panpel Persib

Ilustrasi Persija melawan Persib.
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Jelang duel sarat gengsi antara Persib Bandung melawan Persija Jakarta, sistem pengamanan jadi salah satu hal yang menjadi perhatian. Manajer Persija, Ardhi Tjahjoko, angkat bicara soal bagaimana seharusnya sistem pengamanan diterapkan dalam laga nanti.

Pelatih Persib Puji Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23

Ardhi mengingat kejadian dalam laga Liga 1 musim lalu, saat para pemain Persija mendapat intimidasi dari para suporter Persib, saat melawat ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Saat itu, para pemain Persija dilempari suporter Persib dari tribun. Tak cuma itu, ofisial armada Macan Kemayoran pun sempat ricuh dengan para suporter yang merangsek masuk hingga pintu yang mengarah ke ruang ganti pemain.

Dikatakan Ardhi, ia tak mau lagi menghadapi situasi seperti itu. Tidak harus terlalu ketat, Ardhi berharap pengamanan laga nanti harus sesuai dengan standarisasi yang tertuang dalam regulasi Liga 1.

Persib Bandung dalam Atmosfer Bagus Jelang Lawan Borneo FC

Selain itu. Ardhi juga sedikit berkaca dengan kondisi kondusif saat Persija menjamu Persib di Stadion perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), 30 Juni 2018 lalu. Saat itu, para pemain Persib bisa dengan nyaman melakoni pertandingan, dan tidak mendapat intimidasi sedikitpun dari suporter Persija.

Soal penggunaan kendaraan perintis (rantis), Ardhi mengaku belum mendapatkan kabar dari panitia pelaksana (panpel) pertandingan. Ardhi memilih menyerahkan soal penggunaan rantis sepenuhnya kepada panpel.

Respons Pelatih Persib Usai Championship Series Liga 1 Dipastikan Pakai VAR

"Harapan saya seperti itu, harus ada pengamanan seperti peraturan di Liga. Kemarin itu (pertandingan Persib melawan Persija di GBLA musim lalu), sempat hingga di ruang ganti tidak steril. Terus, saya maunya ada pengaman, enggak ketat juga, ya sesuai standar saja lah," ujar Ardhi kepada wartawan.

"Kami sudah tunjukkan waktu Persib main di sini The Jak (suporter Persija) tidak menyentuh, tidak ada pelemparan dan tidak ada kekerasan sama sekali. Saya enggak tahu butuh rantis atau tidak. Karena rantis itu kan standar (pengamanan). Ya selama ini Persija dan Persib selalu pakai rantis. Kalau itu bagaimana panpel saja," katanya.

Laga Persib kontra Persija dalam lanjutan Liga 1 2018 pekan ke-23 akan digelar di Stadion GBLA, Minggu 23 September 2018.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya