Komdis Bakal Berikan Sanksi, Bos Arema Pasrah

Aremania Memasuki Lapangan
Sumber :

VIVA – Insiden memalukan terjadi saat laga Arema FC kontra Persebaya Surabaya, Sabtu 6 Oktober 2018. Suporter Arema, Aremania berulah di laga dengan tajuk Derby Jawa Timur tersebut. 

Lawan PSM Makassar Jadi Laga Hidup Mati Bagi Arema FC

Beberapa insiden yang terjadi antara lain, dua oknum Aremania masuk ke lapangan saat jeda babak pertama. Dua Aremania masuk memprovokasi pemain cadangan Persebaya yang sedang melakukan pemanasan.

Kemudian, nyanyian rasis dan spanduk yang terpasang di sisi timur. Serta, invasi puluhan Aremania ke tengah lapangan setelah pluit panjang pertandingan berakhir. Aremania memasuki lapangan menghampiri para pemain Arema FC.

Keluar dari Zona Degradasi, Arema FC Fokus Tatap 2 Laga Sisa

CEO Arema FC Iwan Budianto mengaku kecewa terkait insiden tersebut. Sebagai orang nomor satu di Arema FC, Iwan Budianto menegaskan siap menerima sanksi dari PSSI.

"Aremania dikenal punya jiwa ksatria. Bahwa apa yang telah dilakukan dan tegas melanggar regulasi. Maka akan ada konsekuensinya. Bisa laga tanpa penonton bisa sampai laga usiran, dan sebagai ksatria harus berbesar hati untuk menerima hukuman apapun itu," kata Iwan Budianto, Minggu, 7 Oktober 2018.

Hasil Liga 1: Kejutan Arema di Markas Borneo FC, Persija Tahan Imbang Barito Putera

Langkah lanjutan akan dilakukan Iwan Budianto, dia akan melakukan pertemuan dengan seluruh perwakilan Aremania agar peristiwa serupa tidak terulang. Manajemen akan berdiskusi, serta memberi edukasi agar insiden-insiden yang berbuntut sanksi tidak dilakukan Aremania.

"Klub akan memanggil para perwakilan Aremania mengajak bicara. Bahwa kerugian ini tidak hanya klub yang menanggung. Tapi juga Aremania sendiri. Saya juga minta warganet dan Aremania tidak terprovokasi postingan di media sosial, tetap jaga kondusifitasan," ujar Iwan Budianto.

Sebagai Kepala Staf PSSI Iwan Budianto memohon Komisi Disiplin PSSI segera melakukan pembahasan atas pelanggaran yang dilakukan Aremania. Ia berharap Komdis tidak ragu memberikan sanksi kepada Arema FC.

"Berikan hukuman yang setimpal atas pelanggaran disiplin yang telah dibuat oleh Arema. Jangan ragu dalam mengambil keputusan tegas sesuai kode disiplin. Saya pastikan Arema tidak akan melakukan banding atas apapun hukuman yang akan diberikan nanti," tutur Iwan Budianto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya