Persipura Vs Persib: Momentum Kebangkitan Tim Terluka

Sesi latihan tim Persib Bandung.
Sumber :
  • Twitter/@persib

VIVA - Duel seru akan tersaji pada pekan ke-25 Liga 1 dengan mempertemukan Persipura Jayapura kontra Persib Bandung, Senin 15 Oktober 2018. Duel di Stadion Mandala ini menjadi momentum bagi kedua untuk bangkit kembali.

Merayakan Ulang Tahun ke-89 Persib Bandung

Duel sendiri diprediksi akan berlangsung sengit, karena baik Persipura maupun tim tamu akan saling ngotot incar poin penuh. Sebab, di laga sebelumnya Persipura dan Persib menuai kekalahan.

Jika Persib takluk 1-2 dari Madura United, Persipura tumbang 1-2 lawan Borneo FC. Bagi Maung Bandung kekalahan itu membuat posisi mereka di puncak klasemen dengan 44 kian terancam, sebab PSM Makassar memiliki jumlah poin yang sama.

Persib Bandung Waspadai Kekuatan Lini Depan MU

Sedangkan Persipura kini tertahan di peringkat 9 dengan raihan 33 poin dari 24 laga. Pelatih Persib, Mario Gomez, mewajibkan pasukannya untuk bisa mengamankan tiga poin pada laga nanti.

"Kami tentu ingin tiga poin esok. Tidak ada kata lain selain kemenangan untuk tetap berada di posisi pertama," ujar pelatih Persib Bandung, Mario Gomez, dikutip dari laman resmi klub.

Gol Menit Akhir PSIS Buyarkan Kemenangan Bhayangkara FC

Pelatih asal Argentina itu tak ingin Pangeran Biru kembali kehilangan poin. Menurutnya, kekalahkan lawan Madura United harus dijadikan motivasi.

"Kekalahan lawan Madura lalu harus dijadikan motivasi untuk pertandingan besok (hari ini, red). Kami tidak boleh mengulang kesalahan yang sama," kata pelatih 61 tahun itu.

Sementara itu, pelatih Lessa Osvaldo mengaku tak gentar melawan pasukan Persib. Kendati demikian, Lessa mengakui kualitas skuat Persib sebagai pemimpin klasemen saat ini.

Lessa menuturkan, skuat Mutiara Hitam harus dapat melupakan posisinya di klasemen agar dapat bermain lebih berani dan percaya diri menghadapi Persib.

“Besok kita coba menang. Tim Persib Bandung bagus sekali, semua tahu, memiliki kualitas di atas klasemen kita harus respek lawan, itu biasa. Tapi selalu, ini rumah kita, kita harus jawab besok. Kita mulai jawab besok,” kata Lessa.

“Sekarang cuma mental. Saya kasih mental pemain, latihan mental. Karena penting juga, semua tahu situasi Persipura sekarang, (kami) tidak ada di atas klasemen, tapi Persipura selalu Persipura. Siapa masuk di lapangan harus tahu baju Persipura, itu baju juara. Kita harus main selalu seperti tim juara,” paparnya.

Tampil Pincang

Dalam laga tandang ini, Persib masih belum bisa tampil dengan kekuatan terbaiknya. Tiga pemain asing Maung Bandung Ezechiel N’Douassel, Jonathan Bauman, Bojan Malisic masih harus menjalani sanksi larangan bermain.

Demikian pula pemain asal Papua, Patrich Wanggai. Dedi Kusnandar dan Febri Hariyadi juga tak dibawa karena sedang memenuhi panggilan Timnas Indonesia.

Begitu pun Aqil Savik dan Indra Mustafa yang masih bersama Timnas U-19 Indonesia. Tapi Persib dapat amunisi tambahan setelah Ardi Idrus dan Ghozali Siregar sudah bebas dari akumulasi kartu kuning.

Walau begitu, Supardi cs tetap dituntut bekerja keras untuk bisa memetik kemenangan. Pelatih Mario Gomez juga sangat mewaspadai Persipura yang akan tampil di bawah dukungan Persipura Mania.

"Tim yang akan kami hadapi adalah tim yang sangat kuat saat bermain di home. Saya instruksikan semua pemain agar menjaga fokus selama jalannya pertandingan. Dalam pertandingan besar, kami tidak boleh melakukan kesalahan sedikit pun," kata Gomez.

Sedangkan di kubu Persipura, Boaz Solossa dipastikan absen lantaran cedera. Namun Lessa Osvaldo tak cemas karena dirinya telah mempersiapkan pemain lain sebagai pengganti.

“Semua tahu kondisi Boaz sedang tidak bagus, kualitas Boaz. Tapi ini tim Persipura, siapa pun nanti harus main seperti Persipura. Pemain kita harus respek terhadap tim lawan," ujarnya.

"Tapi ini kandang kita, harus agresif harus cari gol dari menit menit awal sampai menit terakhir,” tambah Lessa.

Bicara rekor pertemuan, Persib selama empat tahun terakhir tak terkalahkan saat melawan Persipura. Pangeran Biru membukukan 5 kemenangan dan satu hasil seri.

Walau begitu, Persib tetap patut waspada karena Mutiara Hitam punya rekor bagus ketika bermain di kandang sendiri. Dari 11 laga di Stadion Mandala, Persipura hanya kalah satu kali dan seri dua kali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya