Subangkit Didepak, Sriwijaya FC Bakal Dilatih Alfredo Vera

Eks Pelatih Sriwijaya FC, Subangkit
Sumber :
  • VIVA/Sadam Maulana

VIVA - Subangkit gagal membawa Sriwijaya FC bangkit, membuatnya didepak dari pelatih kepala Sriwijaya FC. Posisi pun sudah tidak lowong karena digantikan mantan pelatih Persebaya Surabaya, Angel Alfredo Vera.

Rans Cilegon Kubur Mimpi Sriwijaya Lolos ke Liga 1

Penunjukkan Anfredo Vera sebagai suksesor Subangkit tidak ditampik Pelaksana Tugas Direktur Utama PT Sriwijaya Optimis Mandiri, Muddai Madang. Dia menyebut jika Subangkit tidak lagi melatih Sriwijaya FC.

Hanya saja ia tetap bertugas di Stadion Gelora Sriwijaya. Posisinya kini dikembalikan seperti semula, yakni sebagai juru taktik tim muda Laskar Wong Kito untuk kompetisi Liga 1 U-19.

Sempat Unggul Cepat, Persiba Dikalahkan Sriwijaya FC

"Awalnya kita memang merekrut Subangkit untuk menukangi Sriwijaya FC U-19. Dan sekarang kita kembalikan ke jabatan semula," kata Muddai, Jum'at malam 19 Oktober 2018.

Subangkit baru menukangi Sriwijaya FC ketika memasuki paruh kedua kompetisi Liga 1. Dia ditunjuk menggantikan Rahmad Darmawan. Sejak mengambil alih posisi Rahmad, prestasi Sriwijaya FC pun turun drastis.

Pembagian Grup 8 Besar Liga 2 dan 4 Tim Terdegradasi ke Liga 3

Total, mantan pelatih PSIS Semarang itu hanya mampu mempersembahkan dua kemenangan, dari sembilan laga. Penurunan prestasi Elang Andalas juga tidak sepenuhnya menjadi tanggungjawab Subangkit.

Sebab, ketika memasuki paruh kedua kompetisi, Sriwijaya FC mengalami eksodus pemain besar-besaran. Ada sembilan amunisi yang didepak. Mayoritas merupakan pemain inti.

Dampaknya sangat terasa. Kemenangan sangat sulit diraih dan Sriwijaya FC harus rela berkutat di papan bawah. Berada di peringkat ke-13 klasemen sementara Liga 1, posisi Sriwijaya FC tidak sepenuhnya aman.

Baru mengumpulkan 30 poin, Zulfiandi cs rentan terlempar ke zona degradasi, mengingat jarak angka yang begitu ketat. Dengan tim penghuni zona merah, Sriwijaya FC hanya berjarak dua angka.

Gap yang begitu mepet ini tentunya menjadi tugas yang cukup berat bagi Alfredo Vera. Pelatih asal Argentina itu dituntut agar dapat membawa Sriwijaya FC menjauhi jurang degradasi.

Pengalamannya selama menukangi Persebaya dan Persipura Jayapura diharapkan mampu memperbaiki peringkat Sriwijaya FC dan bertahan di Liga 1.

"Pelatih baru Sriwijaya FC ini sudah cukup berpengalaman. Dia akan segera tiba di Palembang dalam waktu dekat. Yang jelas bukan lagi Subangkit. Dia akan fokus di tim U-19," jelas Muddai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya