Fase Krusial Liga 1 Terganggu Timnas Indonesia, Ada Risau dan Bahagia

Pemain Timnas Indonesia, Stefano Lilipaly dan Hansamu Yama Pranata
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Timnas Indonesia sudah memulai masa persiapan jelang Piala AFF 2018. Pelatih Bima Sakti memanggil 23 pemain untuk menjalani pemusatan latihan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jumat 2 November 2018.

Gara Gara Komentarnya Suka Aneh, Coach Justin Ogah Sepanggung Lagi Bareng Bung Towel

Sayangnya, masa persiapan Timnas Indonesia kali ini, bentrok dengan jadwal Liga 1 2018. Padahal, saat ini, sudah memasuki fase krusial, baik dalam perburuan gelar juara sampai menghindari zona degradasi.

Sriwijaya FC salah satu klub yang merasa disulitkan dengan adanya pemanggilan pemain ke Timnas Indonesia. Dua pemain andalannya, Zulfiandi dan Alberto Goncalves terpaksa absen, kala mereka melawat ke kandang Persela Lamongan, besok.

Timnas Indonesia U-23 Kembali Dapat Amunisi Tambahan untuk Lawan Guinea

Manajemen sempat mencoba berkirim surat kepada PSSI untuk meminta keringanan. Mereka berharap Beto dan Zulfiandi diizinkan terlebih dulu untuk bermain melawan Persela.

"Zulfiandi dan Beto tak diizinkan memperkuat Sriwijaya melawan Persela. Dalam surat yang kami terima, mereka diminta agar segera gabung," kata Sekretaris PT Sriwijaya Optimis Mandiri, Faisal Mursyid.

Azizah Salsha Ungkap Pertemuan Pertama dengan Pratama Arhan, Azizah : Arhan Adalah Pria yang Baik

Tim berjuluk Laskar Wong Kito, memang sangat butuh tenaga kedua pemain tersebut. Sebab, mereka saat ini terancam jatuh ke zona degradasi.

Kerisauan yang sama dialami oleh Barito Putera. Pelatih Jacksen F. Tiago harus putar otak meracik strategi menyusul ada tiga pemainnya, Rizky Rizaldi Pora, Hansamu Yama Pranata, dan Gavin Kwan Adsit yang dipanggil Skuat Garuda.

"Pastinya, saya lebih pusing lagi. Bagaimana juga, itu tanggung jawab saya sebagai pelatih. Saya harus maksimalkan pemain yang ada," tutur Jacksen.

Liga 1 2018, kini sudah memasuki pekan ke-29. Artinya, setiap klub tinggal punya enam pertandingan lagi untuk memperbaiki posisi di klasemen.

Ada yang risau, ada pula yang berbahagia. Salah satunya adalah winger Persija Jakarta, Riko Simanjuntak yang mengaku sudah tidak sabar mengenakan jersey Timnas Indonesia di Piala AFF 2018.

Kesempatan pertama bagi Riko untuk membela Skuat Garuda di ajang dua tahunan tersebut. Dia mengaku siap untuk memberikan penampilan terbaik.

"Ya, pasti senang ya, apalagi ini tugas negara lebih diutamakan, karena setiap pemain bola pasti ingin membela negaranya. Riko siap mengeluarkan kemampuan terbaik selama turnamen berlangsung," ujar Riko, dikutip dari laman resmi Persija.

Pemain Persija lainnya yang dipanggil ke Timnas Indonesia adalah Andritany Ardhiyasa. Dengan ini, kedua pemain bakal absen saat Macan Kemayoran bertandang ke markas Persebaya Surabaya, Minggu 4 November 2018.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya