Persija Gagal Pecundangi PSM di Mattoangin

Pertandingan Persija Jakarta melawan PSM Makassar di ajang Liga 1 2018
Sumber :
  • Liga-indonesia.id

VIVA – Duel sengit terjadi di Stadion Mattoangin saat PSM Makassar menjamu Persija Jakarta dalam laga pekan ke-31 Liga 1 2018. Bentrok dua favorit juara berjalan panas sepanjang 90 menit dan harus berakhir imbang 2-2, Jumat 16 November 2018 WIB.

Persib Bandung Waspadai Kekuatan Lini Depan MU

PSM dan Persija sama-sama menargetkan poin sempurna dalam laga ini, untuk menjaga peluang juara tetap hidup. Persija yang berada di posisi ketiga klasemen dengan catatan 49 poin, berambisi memangkas jarak empat poin dari PSM yang berdiri di puncak. Pun dengan PSM yang ingin terus menjauh dari kejaran Persija dan Persib Bandung.

Laga baru berjalan delapan menit, Persija langsung mampu membobol gawang PSM. Berawal dari set piece Renan Silva, Jaimerson berhasil mencocor bola ke gawang tanpa bisa dihalau kiper PSM, Rivky Mokodompit.

Gol Menit Akhir PSIS Buyarkan Kemenangan Bhayangkara FC

Persija kemudian berhasil menggandakan keunggulan di menit 28, usai gol bunuh diri yang dilakukan Abdul Rahman. Bermaksud untuk menghalau bola sepakan Renan, mantan defender Timnas Indonesia ini malah membobol gawangnya sendiri.

Tertinggal dua gol, PSM mencoba mengejar ketinggalan. Beberapa peluang lahir lewat aksi Willem Jan Pluim, menit 30 dan 41. Sayangnya, dua peluang gelandang asal Belanda ini masih bisa digagalkan kiper Persija, Shahar Ginanjar.

Persija Dilanda Kelelahan Jelang Hadapi Tira Persikabo

Hingga pertandingan babak pertama usai, Persija berhasil unggul 2-0 atas PSM.

Babak Kedua

Memulai babak kedua, PSM yang tertinggal dua gol langsung menggebrak pertahanan Persija. Dua peluang lahir lewat aksi Pluim dan Junior. Umpan Rahmat berhasil ditandung Pluim ke arah gawang. Namun sayang, bola berhasil diamankan Shahar. Kiper pinjaman Persija dari PSM ini kembali membuktikan kualitasnya saat menggagalkan peluang Junior beberapa menit kemudian.

PSM akhirnya mampu memecah kebuntuannya di menit 61. Umpan tendangan bebas Zulkifli berhasl dikonversi Rizky Pellu lewat sebuah sundulan. Bola sundulan Rizky meluncur ke sisi kanan gawang tanpa bisa dihalau Shahar.

Renan hampir saja membawa Persija kembali melebarkan jarak keunggulan atas PSM. Meneruma umpan terobosan, gelandang berpaspor Brasil ini mampu menggiring bola cukup bebas tanpa pengawalan. Sayang, saat akan melepaskan tembakan tackling Zulkifli lebih dulu sampai.

PSM kembali mendapatkan peluang di menit 71 lewat tembakan dari Klok dari sisi kanan kotak penalti. Sayang, bola sepakan gelandang asal Belanda ini berhasil ditinju oleh Shahar.

 Usaha PSM untuk mengejar ketinggalan akhirnya berhasil. Menit 77, gol penyeimbang kedudukan lahir lewat kaki pemain penggati, Zulham Zamrun. Zulham yang baru masuk menit 51 menggantikan Saldi, berhasil memanfaatkan kemelut di mulut gawang Persija untuk membobol gawang Shahar. Skor menjadi 2-2.

Tak ada lagi gol yang tercipta hingga wasit Prasetyo Hadi meniup peluit panjang tanda laga berakhir. Skor imbang 2-2 harus puas diterima PSM dan Persija. Hasil imbang ini membuat PSM tetap berada di puncak klasemen dengan catatan 54 poin. Sementara Persija, pasukan Stefano Cugurra Teco berhasil naik ke peringkat kedua menggeser Persib Bandung, dengan raihan 50 poin.

Susunan Pemain:

PSM Makassar: Rivky Mokodompit (gk); Abdul Rahman, Steve Paulle, Zulkifli Syukur, Reva Adi Utama, Saldi (Zulham Zamrun'51), Marc Klok, Rizky Pellu (Asnawi Mangkualam Bahar'65), Willem Jan Pluim, Muhammad Rahmat, Guy Junior (Ferdinand Sinaga'52).`

Persija Jakarta: Shahar Ginanjar (gk); Ismed Sofyan (Septinus Alua'88), Gunawan Dwi Cahyo, Jaimerson, Rezaldi Hehanusa, Rohit Chand, Sandi Sute, Novri Setiawan, Ramdani Lestaluhu (Frengky Kogoya'81), Renan Silva (Vava Mario Yagalo'71), Marko Simic.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya