Tatap Gelar Top Skorer Liga 1, Striker Persebaya Bertabur Rekor

Pesepak Persebaya, David Da Silva (bawah) bersama rekannya Osvaldo Haay beraksi setelah membobol gawang Bali United dalam pertandingan Sepak Bola Liga 1 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

VIVA – Jika tidak ada aral melintang, gelar top skorer Liga 1 musim ini dipastikan jatuh dalam dekapan David da Silva. Striker Persebaya asal Brasil itu sudah unggul empat gol dari  pesaing terdekat, Alexander Rakic.

Persib Bandung Waspadai Kekuatan Lini Depan MU

Hingga tersisa tiga laga terakhir musim ini, David da Silva sudah membukukan 20 gol. Unggul empat gol dari striker PS Tira, Alexsander Rakic (16) yang berada di posisi kedua. Disusul Fernando Redroques (Mitra Kukar) dan Ezechiel Ndouasel (Persib) yang mengemas 15 gol. 

Dengan tiga laga tersisa, nyaris tidak mungkin jumlah gol David da Silva bisa disalip para pesaingnya. Apalagi, jika melihat tren tiga pesaing utama yang tumpul di beberapa laga terakhir.

Gol Menit Akhir PSIS Buyarkan Kemenangan Bhayangkara FC

Meski belum resmi merebut Sepatu Emas, namun David da Silva sudah mencatatkan sejumlah rekor fantastis. Pertama, David da Silva tercatat sebagai pemain paling banyak mencetak hattrick di Liga 1 musim ini.

Total, David da Silva membukukan tiga kali hattrik dan dua kali breace (dua gol). Sebelum memberondong gawang Bali United tiga gol pekan ini, hattrick pertama di buat saat laga melawan tuan rumah PS Tira. Saat itu, Persebaya menang 4-1.
 
Satu lagi catatan hattrick dibuatnya, ketika Persebaya menggulung tamunya, Mitra Kukar 4-1. Selain itu, David da Silva juga mencetak dua gol di dua pertandingan. Yaitu, ketika menjamu Persela (3-1) dan bertandang ke kandang Sriwijaya (3-3).

Persija Dilanda Kelelahan Jelang Hadapi Tira Persikabo

Selain mencetak rekor sebagai pemain terbanyak mencetak hattrick, David da Silva juga mengukir rekor lain. Yaitu, pemain dengan jumlah menit bertanding paling sedikit, namun menjadi yang tersubur.

Dari catatan statistik, David da Silva hanya bermain di 20 laga dengan total 1.324 menit. Jumlah menit bermainnya jauh lebih sedikit, dibandingkan tiga pesaing utamanya dalam daftar top skorer. Lantaran, David sempat absen di lima laga akibat cedera.

Tiga pemain yang ada di bawah David da Silva dalam daftar top skorer, seperti Alexsander Rakic tidak pernah absen dalam 30 pertandingan. Sementara itu, Ezechiel Ndouasel  (Persib) yang mengemas 15 gol total dan sudah bermain 1.800 menit.

"Saya hanya bermain sebaik mungkin, menjalankan instruksi pelatih. Apa yang sudah kita hasilkan, karena Tuhan juga baik sama kita," ujar David da Silva yang mengaku tak menghitung statistik penampilannya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya