Satu Lagi Eks Bintang Sriwijaya FC Terjun Jadi Pelatih

Mahyadi Panggabean melatih PS Palembang.
Sumber :
  • VIVA/Sadam Maulana (24-11-18)

VIVA –  Satu lagi eks bintang Sriwijaya FC melanjutkan karier di dunia sepakbola sebagai pelatih. Dia adalah Mahyadi Panggabean yang dipercaya sebagai pelatih tim Suratin PS Palembang.

Rans Cilegon Kubur Mimpi Sriwijaya Lolos ke Liga 1

Sebelumnya, sejumlah pemain yang pernah mengenakan seragam Laskar Wong Kito sudah lebih dulu menjalani karier di dunia kepelatihan. Sebut saja, Ferry Rotinsulu, Charis Yulianto, hingga Ponaryo Astaman.

Mahyadi akan menjalani debutnya bersama PS Palembang dengan mengawali tiga pertandingan Piala Suratin di Grup B zona Sumatera Selatan. Sejumlah pertandingan sendiri akan berlangsung di Stadion Bumi Sriwijaya, 24 hingga 27 November 2018.

Sempat Unggul Cepat, Persiba Dikalahkan Sriwijaya FC

"Menjadi pelatih di tim Suratin PS Palembang ini merupakan kepercayaan dalam membina pemain usia muda," kata Mahyadi, di Palembang, Jumat 23 November 2018.
 
Sayangnya, mantan pemain Timnas Indonesia Piala Asia 2007 tersebut, hanya memiliki waktu satu bulan untuk memaksimalkan penggawanya untuk lolos dari fase penyisihan grup.

Awalnya, Mahyadi cukup kesulitan untuk menentukan komposisi pemain muda yang ideal. Apalagi, ketika ditunjuk sebagai nakhoda tim berjuluk Segentar Alam itu, dia sudah disodorkan sejumlah pemain hasil dari tim talent scouting.
 
"Sangat sulit menentukan komposisi pemain, karena di saat masa akhir persiapan ada masuk lagi sejumlah pemain. Materinya sudah disediakan tim talent scouting, setelah itu seleksi berjalan," ungkapnya.

Pembagian Grup 8 Besar Liga 2 dan 4 Tim Terdegradasi ke Liga 3

Dengan waktu yang cukup mepet, mantan pemain PSMS Medan itu harus memutar otak, agar remaja-remaja Palembang ini bisa bermain maksimal. Apalagi, dari waktu satu bulan yang ada, Mahyadi bersama asistennya Sunari, harus memilah-milah lagi pemain yang ada.

"Kalau fokus persiapannya hanya setengah bulan, dengan latihan seminggu tiga kali. Sementara target dari PS Palembang minimal lolos dulu dari zona Sumsel," terangnya.

"Ketersediaan waktu yang terbatas ini memaksa saya untuk segera menemukan chemistry antar pemain. Kalau dari strategi ya karena waktu yang minim, tidak bisa terlalu melakukan beragam cara," lanjutnya.

Sekretaris Tim PS Palembang, Muhammad Ariffaat menambahkan, tim Suratin PS Palembang berada di Grup B bersama Persipra Prabumulih, Persigrata dan PS Pusri. Sedangkan Grup A diisi oleh Persime Muaraenim, Persimuba, PS Ogan Komering Ilir dan PS Ogan Ilir.

Pertandingan perdana PS Palembang akan menghadapi Persipra Prabumulih pada 24 November 2018. Kemudian PS Palembang kontra PS Pusri tanggal 25 November 2018 dan menghadapi Persegrata pada 27 November 2018. "Kalau lolos, kita akan bermain di final tanggal 29 November," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya