Berantas Pengaturan Skor di Spanyol, Polisi Jadi Ujung Tombak

PT Liga Indonesia Baru bekerja sama dengan LaLiga
Sumber :
  • liga-indonesia.id

VIVA – Isu hangat soal pengaturan skor dalam sepakbola Indonesia tengah menjadi sorotan. Usaha untuk melakukan pemberantasan juga dilakukan dengan dibentuknya Satgas Antimafia Bola oleh kepolisian beberapa waktu lalu. Hasilnya, beberapa nama sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Borok Sepakbola Vietnam Terbongkar, Pemain U-20 Sudah Main Judi dan Pengaturan Skor

Hal ini menjadi perhatian kompetisi tertinggi sepakbola Spanyol, LaLiga dan PT Liga Indonesia Baru yang bertemu pada Rabu malam, 16 Januari 2019 untuk bekerjasama selama tiga tahun ke depan.

Salah satu agenda terselip soal pengaturan skor. LaLiga kemudian memberi wejangan, di mana berbagai pihak, khususnya polisi dilibatkan secara langsung dalam kasus tersebut dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memberantasnya.

Sepakbola Vietnam Diguncang Pengaturan Skor, 5 Pemain Dihukum Seumur Hidup

“Ketika Javier Tebas naik menjadi Presiden LaLiga, hal ini pun menjadi prioritas. Cara mengatasinya di negara kami adalah bekerja sama dengan polisi. Kami terus berusaha walau itu harus dilakukan selama bertahun-tahun,” kata Managing Director LaLiga untuk Asia Tenggara, Jepang, Korea, dan Australia, Ivan Codina.

“Pengaturan skor adalah masalah serius yang menjadi fokus utama. Saya mengetahui kabar masalah ini ramai di Indonesia,” lanjut dia.

Babak Baru Kasus Suap Match Fixing Liga 2, Vigit Waluyo dan 6 Tersangka Segera Disidang

COO PT LIB, Tigorshalom Boboy menanggapi dan menyebut saran tersebut akan lebih dulu diperhitungkan. Sebab LIB harus berkoordinasi lebih dulu dengan PSSI sebagai federasi.

"Mereka (La Liga) langsung kerja sama dengan kepolisian. La Liga, ya bukan PSSI dari Spanyol. Secara jujur, kan kita punya hirarki organisasi yang itu juga tidak bisa kita terbiasa gitu. Kita punya PSSI di sini, kita juga ada BOPI, Kemenpora, ada banyak pihak yang mereka juga merasa jadi bagian dari sepakbola Indonesia," tambah Tigor.

Gunawan Dwi Cahyo (kanan) saat Indonesia melawan Bahrain

Terpopuler: Timnas Indonesia Digasak Bahrain 0-10, Vietnam Diguncang Skandal Pengaturan Skor

Berita mengenai kekalahan 0-10 Timnas Indonesia dari Timnas Bahrain menjadi buruan pembaca VIVA Bola sepanjang Kamis 29 Februari 2024.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2024