Persija Tanpa 3 Bintang Asing dan Ryuji di Kualifikasi Liga Champions

Gelandang serang anyar Persija Jakarta, Bruno Matos
Sumber :
  • Twitter/@Persija_Jkt

VIVA – Persija Jakarta dipastikan tanpa para pemain barunya di kualifikasi Liga Champions Asia. Macan Kemayoran tak bisa menurunkan tiga pemain asingnya: Vinicius Lopes, Jakhongir Abdumuminov, Bruno Matos, dan bek mudanya, Ryuji Utomo.

Cristiano Ronaldo Gigit Jari, Ini 4 Klub yang Tembus Semifinal Liga Champions Asia

Upaya Persija dalam mendaftarkan keempatnya gagal. Sebab, mereka belum mengantongi International Transfer Certificate (ITC), yang sifatnya begitu penting karena jadi bukti keempatnya sudah jadi pemain Persija.

ITC tak bisa keluar lantaran PSSI belum membuka bursa transfer kompetisi di Indonesia.

Patahkan Rekor Dunia, Al Hilal Tantang Penghancur Klub Cristiano Ronaldo di Semifinal LCA

"Kami sudah berupaya meminta dispensasi dari AFC. Tapi, tak bisa dipenuhi," kata Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, dilansir situs resmi PSSI.

Persija harus melakoni duel melawan Home United di fase kualifikasi, 5 Februari 2019 mendatang. Jadwal ini sudah keluar sejak Liga 1 musim 2018 berakhir.

Gol Cristiano Ronaldo Gagal Jadi Penyelamat, Al Nassr Tersingkir dari Liga Champions Asia

Pemain anyar Persija Jakarta, Ryuji Utomo (tengah).

Artinya, masih ada waktu persiapan sebenarnya bagi PSSI untuk berbenah, menyelesaikan kasus Persija. Tapi, kenapa tidak bisa?

Dalam regulasi FIFA terkait status dan transfer pemain, memang ada poin tegas yang mengatur perpindahan pemain. Pasal 6 ayat 2, regulasi FIFA terkait status dan transfer pemain, menyebutkan bursa transfer sebenarnya sudah bisa dibuka sejak akhir musim kompetisi.

Federasi bisa menggelarnya sebanyak dua kali, jelang kompetisi musim baru dimulai dan pada pertengahan. Hanya saja, waktunya juga diatur.

Bursa transfer jelang musim baru, maksimal adalah 12 pekan atau tiga bulan. Sedangkan, bursa transfer tengah musim maksimal empat pekan.

Kasus di Indonesia, jadwal kompetisi masih belum jelas. PSSI baru mengumumkan Liga 1 dimulai pada awal Mei 2019 pada Kongres Tahunan di Bali, beberapa waktu lalu.

Jadi, bursa transfer secara resmi baru bisa dibuka paling cepat pada Februari 2019 mendatang. Dan, PSSI menetapkan bursa transfer dimulai pada 15 Februari hingga 9 Mei 2019.

"Kami menghormati agenda nasional Pemilihan Presiden 2019. Karenanya, Liga 1 baru dimulai dua pekan setelahnya, 1 hingga 8 Mei 2019. Proses bursa transfer pemain, maksimal hanya 84 hari dan harus disesuaikan dengan waktu kick-off," jelas Tisha. (baw)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya