Pelatih Persib Dukung Penggunaan VAR di Kompetisi Liga 1

Pelatih Persib Bandung, Miljan Radovic
Sumber :
  • Dede Idrus

VIVA – Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia merekomendasikan penggunaan teknologi Video Assistant Referee atau VAR, untuk kompetisi musim depan. Langkah tersebut dilakukan, agar kualitas sepakbola Indonesia lebih maju.

Prediksi Pertandingan Liga 1: Persib Bandung vs Persebaya Surabaya

Wacana PSSI menggunakan VAR, mendapat dukungan penuh dari pelatih Persib Bandung, Miljan Radovic. Menurutnya, VAR sangat tepat diterapkan di sepakbola Indonesia, karena bisa membantu kinerja wasit.

Pelatih berkebangsaan Montenegro ini menilai, VAR bisa membantu wasit dalam mengambil keputusan di lapangan. Terlebih, wasit selalu menjadi sorotan dalam setiap pertandingan.

Dibantu Persija Jakarta, Persib Bandung Pastikan Tiket ke Championship Series

"Kalau lihat kemarin, kalian nonton (Piala Presiden) berapa pertandingan selalu offside, atau goal line, atau kadang-kadang pemain dipukul. Tetapi, VAR 100 persen berbeda, di Piala Dunia berbeda," terang Radovic di Lapangan Sagara ITB , Bandung, Jumat 22 Maret 2019.

"Banyak sekali saya nonton di sini banyak offside, tetapi tidak offside. Atau penalti kemarin, kita main lawan Tira-Persikabo, harusnya mendapat 3-4 penalti, kalau ada VAR kita bisa 3-0," lanjutnya.

Nick Kuipers: Persib Bandung Harusnya Ungguli Persita 4-0 di Babak Pertama

Secara jauh, Radovic melihat, dengan kehadiran VAR kualitas sepakbola Indonesia bakal lebih bagus. Namun, dia tak menampik VAR memang masih menjadi kontroversi di lingkungan sepakbola.

"Saya dulu sempat berpikir VAR bagus dan tidak bagus ya, karena itu sepakbola. Tetapi, dengan perkembangannya zaman, kalau untuk sepakbola bisa bagus, maka kualitas Indonesia bakal bagus," jelasnya.

"Wasit kasih offside, tetapi tidak offside dan wasit bisa lebih bagus. VAR bantu wasit, bantu pemain, bantu coach, bantu suporter karena bersih. VAR ambil keputusan offside, itu 100 persen benar," ucap pelatih berusia 43 tahun ini. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya