Banyak Catatan, Bagaimana Nasib Stadion Perseru Badak Lampung

Pertandingan Liga 1 antara Perseru Serui kontra Sriwijaya FC
Sumber :
  • Liga-Indonesia.id

VIVA – Sejak kepindahan Perseru Serui ke Lampung, persepakbolaan di Bumi Ruwa Jurai semakin menggeliat. Hadirnya Perseru Badak Lampung jelas menjadi kebanggan masyarakat lampung lantaran memiliki tim yang berlaga di kasta teratas sepak bola Tanah Air, Liga 1.

Persib Bandung Waspadai Kekuatan Lini Depan MU

Untuk menyambut euforia itu, pemerintah provinsi Lampung langsung merenovasi Stadion Sumpah Pemuda, Way Halim, Bandar Lampung, yang rencananya menjadi home base pasukan Jan Saragih. Total Rp3 miliar dikucurkan untuk mempercantik stadion berkapasitas 15 ribu tempat duduk tersebut. 

Menjelang bergulirnya kompetisi yang direncakanan dimulai pada 15 Mei 2019, PT Liga Indonesia Baru (LIB), selaku operator kompetisi menggelar 'ritual' tahunan yakni verifikasi stadion. Manajer Kompetisi LIB, Asep Saputra, mengatakan, pihaknya telah melakukan verifikasi Stadion Sumpah Pemuda.

Gol Menit Akhir PSIS Buyarkan Kemenangan Bhayangkara FC

Hasilnya, diungkapkan Asep, ada sejumlah catatan penting yang ditemui oleh timnya. 

"Kami sudah mendatangi stadion Perseru Badak Lampung untuk melakukan pengecekan.  Kebetulan, ketika itu juga ada tim dari Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI). Yang kami dapatkan, banyak sejumlah catatan untuk Perseru," kata Asep kepada VIVA, Senin 29 April 2019.

Persija Dilanda Kelelahan Jelang Hadapi Tira Persikabo

Kendati demikian, Asep enggan berkomentar lebih lanjut soal kemungkinan lolos atau tidaknya Stadion Sumpah Pemuda. 

"Hasilnya seperti apa, nanti akan kami berikan secepatnya," jelas Asep.

Dalam standar verifikasi stadion, LIB memiliki standar tersendiri. Meskipun sering dipertanyakan perihal masih adanya stadion yang lolos verifikasi walaupun secara kasat mata stadion itu dinilai tidak layak, LIB memiliki standar yang relatih tinggi.

Dalam regulasinya, PT LIB mengharuskan klub memiliki stadion yang lokasinya  tidak terlalu jauh dengan tempat menginap tim. Standar lainnya adalah, stadion yang akan digunakan harus memiliki dua ruang ganti yang dilengkapi fasilitas seperti kamar mandi dengan empat shower, empat toilet duduk, dan dua urinoair. 

Ruang ganti tersebut juga harus dilengkapi dengan 25 tepat duduk beserta lokernya. PT LIB juga mengharuskan venue pertandingan memiliki lampu 800 lux dan merata di seluruh area lapangan untuk menggelar pertandingan malam. 

Selain itu, juga harus ada tribun VIP yang minimal dilengkapi  30 kursi. Tempat parkir untuk bus kedua tim, tamu VIP, sponsor, dua unit ambulance, dan hak siar televisi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya