Laga Pembukaan Liga 1, PSS Sleman Hantam Arema

Duel PSS Sleman vs Arema FC.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

VIVA – Liga 1 2019 resmi dibuka dengan menyajikan duel PSS Sleman vs Arema FC di Stadion Maguwoharjo, Sleman pada Rabu malam, 15 Mei 2019. Dalam laga tersebut, PSS berhasil unggul atas Arema dengan skor 3-1.

Kata Pelatih PSS Soal Drama 3 Penalti dan Kartu Merah Saat Lawan Persik

Tampil di hadapan ribuan pendukung fanatiknya, PSS langsung tancap gas. Ketika laga baru berjalan 2 menit, Brian Ferreira mampu membobol gawang Arema setelah menerima umpan sepak pojok dari Haris Tuharea.

Sukses unggul cepat, PSS semakin percaya diri dalam membangun serangan. Menit 5, Yevhen Bokhashvili memiliki peluang lewat tendangan bebas. Namun, eksekusinya masih bisa ditangkap oleh Kurniawan Kartika Ajie.

Hasil Pertandingan Persik Kediri Vs PSS Sleman, 8 Gol dan 1 Kartu Merah

Tak mau terus-terusan digempur, Arema coba menusuk pertahanan PSS. Menit ke-8, Dendi Santoso hampir saja menyamakan kedudukan. Sayang, tendangannya dari dalam kotak penalti masih bisa digagalkan oleh kiper PSS.

Sepuluh menit kemudian, Arema lagi-lagi memperoleh peluang emas. Pergerakan cepat Makan Konate mampu membuat repot pertahanan PSS. Akan tetapi, penyelesaian akhirnya dapat diblok oleh Ega Rizky Pramana.

Persib Bandung Bertekad Sapu Bersih 2 Laga Sisa

Gol yang ditunggu baru bisa terwujud pada menit 30. Menerima umpan silang dari Dendi Santoso, Sylvano Comvalius berhasil menyundul bola ke arah gawang PSS yang tak mampu dibendung oleh Ega Rizky Pramana.

Satu menit selepas gol Comvalius, duel ini harus diberhentikan oleh wasit karena ada kericuhan di tribun utara. Akibat kericuhan tersebut, pertandingan terhenti hampir 60 menit

Setelah kondisi di stadion kondusif, pertandingan kembali dilanjutkan mulai menit 31. Akibat diberhentikan cukup lama, tempo permainan kedua tim jadi melambat.

Pada menit 35, Brian Ferreira mampu mengancam gawang Arema lewat sepakan kerasnya dari luar kotak penalti. Beruntung, kiper Arema berhasil menepis bola keluar lapangan.

Tiga menit berselang, Brian Ferreira kembali membuat repot barisan pertahanan Arema. Akan tetapi, tendangan melambungnya masih bisa ditinju oleh Kartika Aji dan hanya menghasilkan sepak pojok bagi PSS.

Eksekusi sepak pojok yang dilakukan PSS kembali melahirkan peluang. Sundulan dari Yevhen Bokhashvili menyambut umpan sepak pojok sudah mampu melewati Kartika Aji. Namun, masih ada Johan Alfarizi yang berhasil menyapu bola.

Di sisa waktu yang ada, PSS dan Arema sama-sama mencari gol tambahan lewat berbagai peluang yang coba diciptakan. Sayangnya, tak gol lagi yang lahir lagi hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya babak pertama.

Babak Kedua

Selepas turun minum, Arema langsung melancarkan serangan ke barisan pertahanan PSS. Sedangkan, tuan rumah lebih berhati-hati dalam menguasai bola.

Tiga menit setelah kick off babak kedua, Makan Konate melepaskan tembakan jarak jauh yang sangat keras. Beruntung, Purwaka Yudhi mampu mengadang sepakan keras tersebut.

Petaka terjadi bagi Arema di menit 57, tembakan melengkung Yevhen Bokhashvili mampu meluncur deras dan tak mampu digagalkan oleh Kurniawan Kartika Ajie. 2-1, PSS unggul atas Arema.

Tertinggal, membuat Arema lebih agresif dalam upayanya membongkar pertahanan PSS. Menit 65, Makan Konate hampir saja melesakkan bola ke gawang PSS. Namun sayang, eksekusi tendangan bebasnya masih ditepis oleh Ega Rizky Pramana.

Frustrasi tak mampu membongkar pertahanan PSS, lini belakang Arema lengah. Pada menit ke-82, Rangga Muslim berhasil mengoyak gawang Arema lewat tendangan kaki kirinya dari dalam kotak penalti.

Arema yang masih mencari gol penyeimbang terus melancarkan serangan sporadis ke jantung pertahanan PSS. Akan tetapi, hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, PSS berhasil mengunci kemenangan 3-1 atas Arema.

Berkat hasil ini, PSS bertengger di puncak klasemen sementara Liga 1 dengan mengoleksi 3 poin. Sedangkan, Arema harus menerima kenyataan berada di posisi juru kunci untuk sementara.

Susunan Pemain

PSS Sleman: Ega Rizky Pramana (GK); Alfonso De La Cruz, Purwaka Yudhi, Bagus Nirwanto, Jajang Sukmara; Brian Ferreira (Ricky Kambuaya 87') , Nerius Alom, Dave Mustaine; Yevhen Bokhashvili, Arsyad Yusgiantoro (Kushedya Yudo 59'), Haris Tuharea (Rangga Muslim Perkasa 80').

Arema FC: Kurniawan Kartika Ajie (GK); Hamka Hamzah, Arthur Cunha, Johan Alfarizi, Alfin Tuasalamony; Hendro Siswanto, Dendi Santoso, Makan Konate, Jayus Hariono (Hanif Sjahbandi 71'); Sylvano Comvalius, Ricky Kayame (Dedik Setiawan 74').

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya