Ricuh Suporter PSS Sleman Vs Arema FC, Kapolda DIY: Ada Provokasi

Kapolda DIY, Irjen Pol Ahmad Dofiri
Sumber :
  • VIVA / Cahyo Edi

VIVA – Laga pembuka Liga 1 antara tuan rumah PSS Sleman menghadapi Arema FC yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Rabu malam, 14 Mei 2019 diwarnai kericuhan. Kericuhan ini bahkan menyebabkan laga tersebut sempat dihentikan sementara di menit ke 32.

Hasil Liga 1: Dewa United dan Persebaya Surabaya Raih Poin Sempurna

Dari pantauan di lapangan, sejumlah benda seperti botol minuman, batu hingga pecahan keramik dipakai oleh kedua suporter sebagai amunisi lemparan. Akibat aksi saling lempar ini menyebabkan belasan suporter dari kedua tim mengalami luka.

Kapolda DIY, Irjen Pol Ahmad Dofiri, mengatakan aksi saling lempar kedua suporter ini terjadi karena ada provokasi. Provokasi inilah yang menjadi pangkal aksi saling lempar antarsuporter.

Arema FC Pelajari Rekaman Pertandingan Persebaya Surabaya

Dofiri menerangkan aksi saling lempar ini tak hanya sampai ke tribune. Lemparan batu dan pecahan keramik juga sempat masuk hingga ke dalam lapangan pertandingan yang menyebabkan wasit memutuskan untuk menghentikan sementara pertandingan.

"Ada provokasi. Ada lemparan masuk ke lapangan sehingga wasit sempat menghentikan sementara pertandingan," ujar Dofiri.

Lawan Arema FC, Pelatih Persebaya Surabaya Harapkan Ini dari Wasit

Rusuh Suporter PSS Sleman vs Arema

Dofiri mengungkapkan bahwa kedua belah suporter tak memiliki permasalahan. Dofiri menceritakan sebelum laga dimulai, suporter dari kedua tim sempat buka puasa bersama.

"Sore buka bersama bareng antara kedua kelompok suporter. (Suporter Arema FC) disambut dengan baik (oleh suporter PSS Sleman)," papar Dofiri.

Dofiri berharap kericuhan yang terjadi bisa menjadi pelajaran bersama bagi suporter. Harapannya, kericuhan suporter tak lagi terulang di kemudian hari.

"Ke depan harapannya para suporter tidak saling memprovokasi," ujar Dofiri. (ase)

Lihat video detik-detik terjadinya kericuhan laga PSS Sleman vs Arema FC di bawah ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya