Sengit, Persebaya dan PSIS Akhirnya Berbagi Poin

Duel Persebaya vs PSIS di Liga 1 2019.
Sumber :
  • Instagram/@psisofficial

VIVA – Persebaya Surabaya menjamu PSIS Semarang dalam lanjutan pekan ketiga Liga 1 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Kamis malam, 30 Mei 2019. Kedua tim harus puas berbagi poin setelah bermain imbang dengan skor 1-1.

Polemik Masa Lalu, Kiper Timnas Indonesia Minta Maaf ke Shin Tae-yong

Sejak kick off, kedua tim langsung menampilkan permainan cepat. Persebaya mampu memperoleh peluang ketika laga belum genap satu menit. Sayangnya, upaya dari Irfan Jaya masih bisa digagalkan oleh kiper PSIS.

Empat menit berselang, giliran PSIS yang mempunyai peluang. Akan tetapi, tembakan keras dari Patrick Mota masih bisa dihalau oleh Abdul Rohim.

Malut United Promosi ke Liga 1, Tuah Rifal Lastori Berlanjut

Bertindak sebagai tamu, tak menyurutkan PSIS dalam membangun serangan. Menit 14, kerjasama penggawa Mahesa Jenar hampir membongkar pertahanan Persebaya. Namun, barisan lini belakang Bajul Ijo masih mampu mengatasinya.

Kesulitan menusuk pertahanan PSIS membuat Persebaya mencoba mengambil kesempatan melalui tendangan dari luar kotak penalti. Menit 20, sepakan spekulasi Muhammad Syaifuddin mengarah tepat ke gawang PSIS, tapi Jandia Eka Putra dengan cekatan berhasil menangkap bola tersebut.

Bekuk PSIS Semarang, Bali United Tembus Posisi Tembus 3 Liga 1

Satu menit kemudian, gelandang PSIS, Arthur Bonai terkapar di lapangan setelah mengalami benturan keras dengan bek Persebaya Novan Setya Sasongko. Tim medis pun langsung begegas masuk ke lapangan dan memberikan oksigen tambahan untuk Arthur Bonai.

Gol pembuka pada pertandingan ini akhirnya lahir di menit 28, untuk Persebaya. Adalah Osvaldo Haay yang sukses merobek gawang PSIS setelah menerima umpan matang dari Ruben Karel Sanadi.

PSIS coba merespons gol tersebut, pada menit 35 tendangan lambung dari Hari Nur Yulianto hampir saja membuat skor imbang. Akan tetapi, Muhammad Syaifuddin sanggup menggagalkan upaya dari Hari Nur.

Di sisa waktu babak pertama, PSIS tetap melancarkan serangan untuk mencari gol penyeimbang. Sedangkan, Persebaya coba main tenang demi mempertahankan keunggulannya.

Namun, hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya babak pertama, Persebaya mampu mempertahankan keunggulan 1-0 atas PSIS.

Babak Kedua

Selepas turun minum, tempo pertandingan masih sama seperti di babak pertama. Persebaya maupun PSIS sama-sama langsung menampilkan tempo cepat.

Pada menit 50, PSIS memiliki kesempatan emas untuk menyamakan kedudukan. Akan tetapi, sundulan dari Silvio Escobar masih bisa ditepis Abdul Rohim setelah menyambut umpan silang dari Shoei Matsunaga.

Tujuh menit kemudian, giliran Persebaya yang memperoleh peluang. Hansamu Yama berhasil melompat lebih tinggi saat menerima sepakan bebas Misbakus Solikin. Namun, Jandia Eka berhasil memetik bola di udara.

Menit 58, serangan balik dari PSIS sempat mengancam gawang Persebaya. Sayangnya, tembakan terukur dari Hari Nur masih bisa dihentikan oleh Abdul Rohim.

Lima menit berselang, Persebaya kembali mendapatkan kesempatan untuk menambah keunggulannya. Akan tetapi, eksekusi tendangan bebas dari Damian Lizio tidak tepat sasaran.

Pada menit 67, Septian David hampir saja mencetak gol. Namun, sepakan bebas yang dilepaskannya dari jarak jauh masih bisa ditangkap dengan sigap oleh Abdul Rohim.

Upaya PSIS untuk menyamakan kedudukan akhirnya terwujud pada menit 73. Menerima umpan efek dari Shoei Matsunaga, Septian David dengan cermat mampu mengelebui kiper Persebaya.

Tuan rumah memperoleh peluang pada menit 84. Namun, tendangan bebas melengkung dari Damian Lizio masih bisa ditinju oleh Jandia Eka Putra.

Dua menit kemudian, Persebaya kembali mendapatkan kesempatan. Akan tetapi, penampilan impresif dari Jandia Eka Putra membuat tendangan Abu Rizal Maulana bisa dimentahkan dengan mudah.

Di sisa waktu yang ada, Persebaya terus menggempur pertahanan PSIS. Namun, tak ada gol lagi yang tercipta hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Persebaya dan PSIS harus puas berbagi poin setelah duel berakhir dengan skor 1-1. Atas hasil ini, Persebaya naik ke peringkat 14 klasemen sementara. Sedangkan, PSIS mampu merangkak ke posisi 5.

Susunan Pemain

Persebaya Surabaya: Abdul Rohim (GK); Novan Setya Sasongko (Abu Rizal Maulana 75'), Muhammad Syaifuddin, Hansamu Yama Pranata, Ruben Karel Sanadi; Fandi Eko Utomo (Elisa Basna 85'), Misbakus Solikin (Muhammad Hidayat 79'), Damian Lizio; Osvaldo Haay, Manuchekhr Dzhalilov, Irfan Jaya.

PSIS Semarang: Jandia Eka Putra (GK); Safrudin Tahar, Wallace Costa, Rio Saputro, Fredyan Wahyu; Patrick Mota, Arthur Bonai (Tegar Infantrie 86'), Septian David Maulana, Septinus Alua (Shoei Matsunaga 42'); Hari Nur Yulianto, Silvio Escobar (Bayu Nugroho 55')

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya