Belum Beri Kemenangan di Liga 1, 3 Pelatih Ini juga Dalam Tekanan

Pelatih Persebaya Surabaya, Djadjang Nurdjaman.
Sumber :
  • tvOne/Veros Afif.

VIVA – Liga 1 2019 baru memasuki pekan ketiga. Namun, desakan untuk mundur bagi pelatih yang kinerjanya dianggap tak memuaskan sudah bergema.

Persija Kurang Maksimal saat Kalahkan Persis, Ini Alasannya

Kompetisi lokal Indonesia memang cukup kejam. Beberapa laga saja tak meraih kemenangan, suporter langsung berkoar-koar meminta pelatih untuk mencopot jabatannya.

Musim ini, desakan yang muncul kebanyakan dari klub yang memiliki suporter dengan basis besar, seperti Persija Jakarta, Persebaya Surabaya, Persipura Jayapura, dan Barito Putera. Performa keempat tim tersebut memang di bawah ekspektasi dalam tiga laga awal.

Dibantu Persija Jakarta, Persib Bandung Pastikan Tiket ke Championship Series

Akibat desakan tersebut, akhirnya salah satu klub telah ditinggal oleh pelatihnya. Adalah Ivan Kolev yang telah resmi meninggalkan Persija. Pelatih asal Bulgaria itu memilih mundur setelah gagal memberi kemenangan dalam tiga laga perdana di Liga 1.

Sejak ditunjuk menangani Macan Kemayoran pada awal tahun ini, prestasi Kolev menang tak bisa dibilang baik. Dia gagal membawa Persija lolos ke semifinal Piala AFC zona ASEAN dan hanya mampu meraih satu poin dalam tiga laga di Liga 1 sehingga membuat juara musim lalu ini terlempar ke zona degradasi.

Kerasnya Latihan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-23 Diungkap Pemain Persija

Tiga pelatih lainnya, Djadjang Nurdjaman (Persebaya), Luciano Leandro (Persipura), juga Jacksen F. Tiago (Barito) dikabarkan mendapat desakan yang sama. Semua karena ketiganya belum memberi hasil maksimal pada tiga laga perdana.

Misal Persebaya. Klub asal Surabaya ini baru mengumpulkan dua poin hasil dua kali imbang dan satu kekalahan. Posisinya berada di peringkat 12 sehingga membuat fans Bajul Ijo gerah.

Pun dengan Persipura yang memiliki raihan serupa. Leandro masih tak bisa tenang andai belum meraih kemenangan bersama Tim Mutiara Hitam.

Untuk Barito, ini menjadi pencapaian terburuk pada tiga laga perdana sejak Jacksen melatih Laskar Antasari pada 2017. Sejauh ini, mereka baru mengumpulkan satu poin dari satu hasil imbang dan dua kekalahan.

Pelatih asal Brasil pun mendapat seruan untuk melepas jabatannya. Namun, dia yakin penampilan Barito akan membaik ke depannya.

Akankah tiga pelatih dari tiga klub tersebut akan menjadi korban selanjutnya? Atau mereka akan selamat dan terus lanjut hingga akhir musim?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya